#575 Berkebun Ide di Negeri Belanda

Kebun bunga di Belanda? Itu sudah biasa. Tapi pernah bepikir bahwa di Belanda banyak kebun-kebun ide yang berbunga hasil karya tingkatan maha dunia yang melegenda? Sebut saja banyak karya seni mendunia seperti musik Beethoven, Mozart, atau lukisan terkenal. Namun demikian tidak hanya seni saja, hasil karya yang luar biasa karya warga Belanda Di bidang otomotif, ilmuwan Belanda berhasil mewujudkan mimpi “mobil terbang”. Mobil selama ratusan tahun, insinyur dan desainer memimpikan ‘mobil terbang’.

Banyak sekali prototipe telah dikembangkan, namun belum ada yang berhasil secara teknis maupun komersial. Kini, Spark dan Pal-V Europe NV selangkah lagi berhasil mewujudkan impian tersebut dengan PAL-V: kendaraan inovatif yang dapat dikemudikan seperti mobil dan terbang seperti gyrocopter.

Spark berada di Rotterdam dan terdiri dari 25 desainer serta kreator yang berpengalaman dalam bidang inovasi, dipimpin oleh Robert Barnhoorn, MSc dan Maarten Wilming, MSc.PAL-V, ciptaan Spark dan Pal-V Europe NV, berfungsi secara baik di jalan darat dan juga di udara. Kendaraan ini dengan mudah bisa berubah dari mode drive ke mode fly . Prototipe PAL-V telah dikembangkan dan sedang diuji secara ekstensif.

Bagaimana mungkin?
Jawabannya adalah kebebasan berinovasi menyebabkan peluang untuk tumbuh suburnya ide dan aplikasinya. Dalam pendidikan di Negeri Belanda, individu tidak selalu diajarkan secara teoritis saja namun banyak dituntut untuk melakukan eksplorasi.

Ini tidak sekedar paradigma saja, namun Belanda juga dikenal sebagai negara yang dipenuhi orang-orang kreatif yang selalu hadir dengan ide-ide baru. Bagi mereka yang pernah atau sedang menjalani studi di negara ini pasti mengetahui bahwa mahasiswa didorong untuk berpikir tentang solusi kreatif. Hasil inovatif dan kreatif sebaiknya bersama-sama dengan siswa lain, karena Anda akan mencapainya ketika bekerja sama dengan orang lain.

Di Belanda juga terbuka kesempatan untuk mengembangkan komunitas bisnis. Tak jarang, kreativitas juga ditunjukkan dalam kolaborasi antara institusi-institusi besar Belanda dan komunitas bisnis. Penempatan kerja dan magang menjadi bentuk penting dari banyak program belajar yang tersedia. Institusi pendidikan tinggi dan perusahaan-perusahaan juga lebih sering bekerja sama. Lima universitas prestisius Belanda masuk dalam Top 100 Wordwide Economics Schools Research Ranking. Daftar ini dibuat berdasarkan kontribusi riset dan jurnal penelitian yang dilakukan selama tahun 2007-2011. Universitas Belanda yang menduduki posisi paling tinggi dalam daftar ini adalah Tilburg University, pada posisi 21. University of Amsterdam berada pada urutan 27, Erasmus University Rotterdam di posisi 52, Maastricht University di posisi 49, dan VU University Amsterdam di posisi 73. Posisi kelima universitas ini dalam daftar mengalami peningkatan dibandingkan dengan posisi dalam daftar yang dikeluarkan tahun sebelumnya.

Jika dilihat dari peringkat regional Eropa, posisi Tilburg University adalah yang tertinggi ketiga, sementara University of Amsterdam ada di urutan 6.Hal ini menunjukkan bahwa kualitas riset dan pendidikan tinggi Belanda superior di dunia, terutama dalam bidang ekonomi.

– ditulis oleh Riezka Bewinda

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s