#585 The Kingdom of Heaven

The Netherlands. Negara dengan sebagian wilayah di bawah permukaan laut. Memiliki nilai historis erat dengan Indonesia. Jika kita melihat peta dunia, negara ini nampak begitu kecil. Tapi jangan salah kawan, dari negeri kecil inilah muncul tokoh-tokoh luar biasa yang menjadi panutan dunia. Siapa tidak kenal Vincent van Gogh (1853-1890) seniman jenius di eranya. Atau Anthonie van Leeuwenhoek ? Saya yakin anda familiar dengan nama terakhir bahkan sejak sekolah dasar. Dialah pengembang mikroskop hingga sebegitu bergunanya bagi dunia pendidikan. Mereka adalah secuil contoh dari kesuksesan Belanda di masa lampau.

Di era modern,Belanda menjadi salah satu kekuatan tersendiri bagi dunia. Kesuksesan negara ini, terutama di bidang pendidikan menjadi salah satu yang terbaik. Data menunjukkan Belanda menempati ranking ke 3 dengan jumlah universitas terbanyak dalam world reputation ranking. Bahkan 5 universitas riset Belanda masuk 100 besar universitas ternama di dunia. Saya tekankan sekali lagi, lupakan luas negeri ini yang mungil. Karena disinilah lahir para penerima nobel. Belanda adalah negara penerima nobel terbanyak ke 10 di dunia.

APA SEBENARNYA KEISTIMEWAAN NEGERI INI ?

Saya mencoba memaparkan pemahaman saya tentang negeri ini melalui kalimat sederhana :
“The Netherlands is a heaven on earth.”
Belanda bagi saya adalah surga !
Why? Bukankah surga diceritakan ada setelah kita tiada ? Berkenaan dengan pertanyaan tersebut saya teringat konsep yang dikemukakan Buddha :

“Heaven and hell not only beyond this world, but in this very world itself.”

Belanda adalah surga, bagi orang-orang yang haus ilmu pengetahuan. Kebijakan pemerintah memberikan subsidi pendidikan bagi rakyatnya berdampak pada terjangkaunya biaya pendidikan. Masyarakatpun dapat bersekolah dengan mudahnya dengan kualitas yang baik. Tidak heran jika akhirnya bertebaran sarjana,ilmuwan, maupun kaum intelek disana. Efek lainnya adalah rendahnya tingkat pengangguran menjadi cermin kesejahteraan masyarakat.

Anda pemuja kebebasan? Datanglah ke Belanda!
Masyarakat terbiasa bebas berekspresi maupun mengemukakan pendapat. Dengan begitu dimungkinkan munculnya ide maupun penemuan baru di kemudian hari sebagai perwujudan dari kreativitas yang tidak terbelenggu. Mungkin masih membekas pada memori kita tahun 1988 saat tim nasional Belanda memenangi Euro dengan permainan yang atraktif. Mereka menemukan konsep permainan total football. Ini adalah perwujudan dari kebebasan berekspresi. Dalam sistem ini pemain bebas bergerak tanpa terpaku pada posisi tertentu dan tetap bertanggung jawab untuk menjaga daerahnya. Begitupun bila kita intip dari segi ekonomi. Mereka menganut paham ekonomi bebas dan terbuka sehingga muncul pribadi dengan mental yang kuat dan terbiasa dengan persaingan ketat.Ini berdampak pada suksesnya mereka menempati posisi ke 16 negara largest economy of the world. Sukses tersebut tak lepas dari rendahnya korupsi.Belanda sendiri menempati peringkat ke 7 negara terbersih dari korupsi. Dapat disimpulkan kebebasan yang mereka lakukan dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

The kingdom of heaven is the condition of heart,not something that comes “upon the earth” or “after death” -Friedrich Nietzsche-

“Heaven is a place of happiness.” Dapat disimpulkan, surga adalah negeri indah,tempat bersukacita,dimana kita bebas berekspresi, memperoleh pendidikan serta kehidupan yang layak. Find out your own heaven! And I found it in the netherlands, The kingdom of heaven.

– ditulis oleh Archie Hanafi

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s