#592 Negeri Oranye, Negeri Kecil-kecil Si Cabe Rawit

Siapa yang belum pernah mencoba cabe rawit? Cabai dengan ukuran begitu kecil ini ternyata justru cabai yang memiliki rasa terpedas mengalahkan cabai-cabai berukuran besar lainnya. Ternyata memang lah benar bila besar kecilnya ukuran tidak selalu sejalan dengan besar kecilnya kualitas sesuatu. Cabai rawit ini contohnya, makin kecil justru makin pedas!

Rasanya, cocok sekali bila Belanda ini kita juluki negara kecil-kecil cabe rawit. Kenapa?

Belanda: Si Cabai Kecil

Bila dilihat dari ukuran, negara ini hanya menguasai 41.528 km2 dari total 148.940.000 km2 luas daratan bumi. Itu artinya luas negara ini hanya 0,027% luas daratan bumi saja! Bahkan, dengan luas wilayah yang relatif mungil ini, Belanda memiliki tingkat kepadatan yang cukup tinggi, yaitu 488 orang setiap km2 nya. Bahkan tahukah kawan? Dari tanah tempat tinggal yang kecil ini pun, kira-kira 20% nya sebenarnya adalah air yang ditimbun tanah! Wilayah yang kecil dan penuh dengan air yang ditimbun tanah, dan padat pula!

Belanda: Si Cabai Pedas

Dengan segala keterbatasannya itu, justru membuat negara Belanda ini berhasil bangkit dan tumbuh karena adanya kesadaran bersama untuk membangun negeri dengan segala keterbatasan yang ada. Tak salah lah bila, menjunjung nilai-nilai kemanusiaan menjadi salah satu kultur yang jelas terlihat bila kita berkunjung ke Negeri Kincir Angin ini. Hal ini tercermin dari perilaku yang begitu sederhana. Misalnya, budaya bersepeda di segala kalangan, dari mulai mahasiswa, dosen yang bergelar doktor, sampai direktur. Di Belanda pun, sangat menghargai hasil kerja keras seseorang dimana mereka tidak mudah terlena oleh berita-berita selebriti seperti fenomena di Indonesia. Tentunya, hal ini membuat pribadi orang-orang Belanda benar-benar menjadi diri sendiri, karena setiap orang bebas berkarya di ranahnya masing-masing dan juga mendapat pengakuan yang setimpal di bidangnya.

Dengan adanya junjungan terhadap sifat-sifat humanis ini yang menjadikan orang Belanda menjalani hidup dengan passion yang kuat sebagai motor penggerak yang didukung budaya gotong royong di tengah keterbatasan. Hal ini berimplikasi pada segala sektor yang ada di Belanda.

Mari kita lihat bagaimana Belanda masuk ke dalam top 5 exporter country di dunia melalui sektor industri pertanian, kreatif, dan manufaktur lainnya. Perusahaan multnational besar dunia pun, seperti Unilever, Shell, TNT pun berasal dari negara ini.

Lessons to Learn for Indonesia

Bukan seberapa banyak potensi yang kita miliki yang membuat kita berhasil, tapi seberapa cerdas kita dapat mengelolanya dan seberapa kuat ikatan gotong royong untuk saling bahu-membahu mengelola potensi itu lah yang dapat membuat kita berhasil. Hal ini terbukti sukses pada negeri oranye ini, negeri si kecil-kecil cabe rawit!

– ditulis oleh Siti Nursari I.

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s