#593 Netherland the Airfresonic of Europe

Netherland the Airfresonic of Europe, itulah sebutan yang saya berikan ke negara favorit saya ini. Mau tau alasannya? Makanya dibaca sampai akhir. Banyak hal yang membuat saya kagum akan negara dam atau yang bahkan sangat populer disebut sebagai negara kincir angin tersebut. Tapi kita tidak akan membahas mengenai dam dan kincir anginnya, melainkan hal lain. Pembaca mungkin akan sangat penasaran mengapa saya menamai Belanda dengan sebutan yang menurut pembaca mungkin sangat aneh dan terkesan cari sensasi.

Untuk itu akan saya coba jelaskan sedikit lewat pandangan saya disertai fakta mengenai hal tersebut.

Pertama-tama saya akan mengungkapkan salah satu hal yang mengundang perhatian lebih saya akan negara ini yang erat kaitannya kebudayaan setempat. Cycling! Yup belanda sangat dikenal karena budaya bersepeda warganya yang mendarah daging. Bahkan 80% warganya memiliki sepeda pribadi sebagai alat transportasi yang andal. Saya sendiri sangat heran sekaligus kagum akan fakta tersebut. Belanda yang saat ini memiliki infrastruktur baik dan fasilitas transportasi yang memadai masih menekankan cycling sebagai transportasi utama menurut saya sangat fenomenal. Apalagi mereka sampai bela-belain mendesain tempat sampah khusus untuk memudahkan pengendara sepeda membuang sampah.

Hello Belanda?! What are you thinking about?! What’s the matter with you hah?!

Se-alaynya saya ketika mengetahui fakta tersebut itu, bahkan yang menjadi pertanyaan besar bagi saya hingga saat ini adalah bagaimana menanamkan mindset cycling holic tersebut kepada warganya yang mayoritas berpola pikir modern? Bahkan saya pernah berpikir apakah sepeda memiliki makna khusus bagi warga Belanda seperti kita orang Asia yang memiliki kepercayaan kuat akan hal-hal mistik.
Jawabannya simpel ternyata, ternyata di sana hampir semua warganya sangat tanggap akan lingkungan. Kesadaran akan pentingnya pemeliharaan lingkungan yang dibangun oleh pemerintah Belanda melalui pembangunan infrastruktur yang memprioritaskan lingkungan. Contohnya, daripada membangun jalan untuk kendaraan bermotor disana justru lebih memberikan prioritas pada pembangunan jalan khusus untuk bersepeda di dalam kota, bahkan keamanan pengendara sepeda sangat diperhatikan. Hasilnya terbukti lebih banyak orang yang bersepeda dibandingkan berkendara motor.

Selain itu saya menganggap ada kesinambungan antara Government dengan warganya sehingga mereka sangat kompak (itu menurutku). Itu dia seikit alasan mengapa Belanda menjadi salah satu negara favoritku sehingga ingin sekali rasanya menimba ilmu disana dan mempelajari kebudayaan disana khususnya budaya cycling holic tersebut. Nah berkaitan dengan dasar filsofis mengapa saya memberikan julukan Belanda sebagai The Airfresonic in Europe karena menurut saya negara ini pantas menyimpan PR buat kita. Yang pertama bagaimana negara modern(industri barang dan jasa) masih tetap berpegang teguh pada prinsip kelestarian lingkungan melalui pendekatan mindset dan dukungan penuh.

Sedangkain airfresonic itu sendiri merupakan singkatan random dari saya, tapi punya makna yang pas untuk negara ini. Air Fresher Sonic, itulah sebenarnya yang saya maksud. Air Fresher dari makna negara yang peduli lingkungan. Sonic sendiri adalah tokoh cartoon favorit saya yang ketika berlari kakinya melingkar dan bergerak dengan cepat. Namun makna dari Sonic sendiri sebagai penggerak beranjak dari tokoh cartoon tersebut menurut saya.

Nah jadi kapan kita belajar untuk menjadi seperti Belanda?

– ditulis oleh M. Yusman Yusuf

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

