#594 Kapsul “Kr” Produksi Belanda

Membaca bebarapa artikel singkat yang menginformasikan tentang Belanda, benar-benar mencengangkan dan membuat saya angkat topi. Saya tidak menyangka, bahwa negeri sekecil itu mempunyai prestasi yang sangat “wah” dalam berbagai bidang. Mulai dari pendidikan, ekonomi, dan kesejahteraan.

Dari berbagai sumber juga ternyata saya baru tahu, bahwa Cornelius van Drebbel penemu kapal selam, Anthony van Leuwenhook si pembuat lensa pertama, Zacharies Janssen penemu Mokroskop pada tahun 1590, Hans Lippershey penemu teleskop, dan Christian Huygens yang berhasil membuat jam gandul adalah bagian dari kemajuan ilmu pengetahuan dunia yang berasal dari Belanda.

Ternyata, prestasi tersebut bukan hanya menjadi catatan sejarah belaka, tapi sudah menjadi tradisi ilmiah yang dikembangkan terus-menerus oleh warga Belanda dengan penekanan terhadap kreativitas, bukan hanya pengetahuan semata. Sehingga, membicarakan tentang kreativitas orang Belanda dalam berbagai bidang, tentu saja akan membutuhkan ribuan lembar untuk menuliskannya karena Belanda termasuk salah satu Negara yang paling produktif di dunia.

Pada akhirnya, semua fakta yang saya dapatkan tentang Belanda mengerucut pada satu hal, bahwa Belanda adalah produsen sekaligus konsumen kelas berat dari sebuah pil bernama “Kr”.

Apa itu? Mungkin tidak akan pernah Anda temukan di apotik manapun di dunia ini, karena pil “Kr” yang saya maksud adalah “pil Kreatifitas”, yakni sebuah pil yang memungkinkan Belanda tetap mampu untuk kreatif, inovatif, dan produktif. Pil “Kr” ini menemukan “tempatnya” untuk terus berkembang dan diproduksi di Belanda.

Pertama, Lingkungan menjadi faktor penting produksi pil “kr” itu. Belanda sebagai Negara paling bahagia keempat dunia sekaligus menjadi yang terbaik ke-4 dalam work life balance mampu memberikan iklim yang baik sehingga membuat warganya selalu berpikir sehat Mengutip perkataan Thomas Alva Edison; Ada tiga hal penting yang harus dilakukan untuk mencapai sesuatu yang berharga. Pertama, kerja keras; kedua, keteguhan hati; ketiga, pikiran yang sehat. Kenyataan mencengangkan ketika saya tahu, bahwa dengan alasan kenyamanan dan suasana kondusif, Rene Descartes (salah seorang paling kreatif di dunia) ternyata pernah tinggal di Belanda selama 21 tahun!.
Kedua, sistem pendidikan yang fokus pada konsep “think out of box” memberikan peluang bagi siapapun (utamanya pelajar) untuk mengembangkan imajinasi selain teori-teori yang seharusnya dipelajari. Berpikir imajinatif ini penting sebagaimana dikatakan oleh Albert Einstein (1879–1955), bahwa “Nalar akan membawa Anda dari A menuju B. Imajinasi akan membawa Anda ke mana saja.” Sehingga orang Belanda mampu menemukan apa saja!. Bermula dari hal kecil, direnungkan, dipertanyakan, didiskusikan, akhirnya terciptalah ide, gagasan, dan pikiran yang kreatif dan cemerlang.

Kreativitas yang paling tinggi mungkin adalah kemampuan seseorang untuk memunculkan kreativitas orang lain. Dan Belanda (dalam hal ini nesoindonesia) membuktikan, bahwa konsumsi Pil “Kr” memang mujarab karena mampu memancing kreativitas dari ratusan (atau mungkin ribuan) orang untuk menulis tentang kreativitas Belanda. Luar biasa!.

Akhirnya, untuk menjadi kreatif, kita harus banyak mengkonsumsi Pil “Kr” sebagaimana dilakukan oleh orang-orang Belanda. Secara pribadi, saya ingin pergi ke Belanda untuk merasakan kehebatan Pil “Kr” produksi Belanda tersebut. Lebih dari itu, saya bisa membagi-bagikan Pil “Kr” itu ketika saya “pulang kampung”. Meski tidak tinggal selama Rene Descartes, dua minggu saja tidak apa-apa (meski tentu saja tidak akan cukup).

– ditulis oleh Mutiara Fatur

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s