#597 Netherlands: Ketika Imajinasi Jadi Nyata!

Habis nonton The Avanger, terlintas dipikiran gimana kalo teknologi si Tony Stark itu beneran ada yak? Pastinya kerenkan, bisa mengurangi kemacetan karena gak perlu lagi naik kenderaan hehehehe…. Well, itu semua hanya imajinasi saya, tapi kan berimajinasi gak ada salahnya. Seperti Kakek Einsten bilang:

“Imagination is more important than knowledge. For knowledge is limited to all we now know and understand, while imagination embraces the entire world, and all there ever will be to know and understand.” ~ Albert Einstein

Dulu sebelum teleskop ditemukan, orang bisa saja sedang asik berimajinasi bahwa bintang itu hanya benda yang bercahaya layaknya matahari, atau membayangkan gimana kalau mobil bisa terbang atau yang lebih ekstrimnya lagi mengenai ginjal yang bisa diganti dengan alat bantu lain? Well, kedengaran gila mungkin pada saat semua itu belum ada. Tapi, ada aja orang yang gak berhenti sampai disitu (berimajinasi). Mereka terus melakukan riset sampai akhirnya hal diatas jadi kenyataan. Siapa mereka? Yap, mereka dari negri Belanda yang luas tanahnya hampir setara luas tanah Jakarta ditambah Jawa Barat[1].

“Creativity is the act of turning new and imaginative ideas into reality. Creativity involves two processes: thinking, then producing. Innovation is the production or implementation of an idea. If you have ideas, but don’t act on them, you are imaginative but not creative.” Linda Naiman[2]

Dengan kata lain, orang Belanda tersebut sudah menunjukkan kreativitas dan inovasinya. Dunia bahkan mengakui keunggulan Belanda dengan memberikan ranking 10 untuk The Most Creative Countries in the World[3] tahun lalu. No wonder it happened, coba kita lihat dari beberapa aspek mulai dari arsitektur dan teknologi misalnya, dikarenakan daratan Belanda lebih rendah dari laut maka mereka berimajinasi dan menciptakan perumahan di atas air disebut Floating House[4]. Unik ya? In case kalo ada pasang, rumahnya gak akan tenggelam, tapi akan naik mengikuti tinggi air, termasuk juga restoran dan hotel. Hasil imajinasi “gila” lainnya dapat dilihat pada gambar berikut:

Wait, baru-baru ini Amsterdam mendapatkan penghargaan Best International Venue pada Exhibition News Awards ke-6 2012 yang diadakan di London atas kontribusi yang diberikan bagi industri pameran dengan kreativitas daninovasinya[5].

Dari pendidikan, tidak perlu diragukan lagi negara ini sudah banyak mendapatkan perhargaan antara lain, ranking 3 dalam hal Keterjangkauan Biaya (Affordability) dan ranking 1 dalam hal Aksesibilitas (Accessibility) tahun 2005, ranking 10 negara Penerima Nobel Terbanyak, ranking 3 dalam World Reputation Rankings tahun 2012, ranking 17 dan 30 dalam Top 50 Life Sciences University tahun 2011-2012 (FYI; Utrecht University dapat ranking 30) dan penghargaan lainnya. So, gak heran kan kenapa pelajar antri kesini.

Terakhir adalah kualitas hidup, awal tahun ini PBB melaporkan bahwa Belanda ranking 4 dalam World Happiest Living[6] dan ranking 3 dalam Work-Life Balance berdasarkan studi yang dilakukan OECD[7]. Yakinlah, kalo kita unhappy,  tidak ada kebebesan, atau tertekan dalam aturan-aturan yang buat sesak nafas, kekuatan kreativitas dan inovasi kita bisa layu.

Dengan penghargaan yang seabrek diatas, tidak heran kenapa begitu banyak imaginator di negri Belanda. Semua aspek saling mendukung dan salutnya imajinasinya tidak mentok, mereka melakukan research kemudian menerapkannya.

Jadi, apakah kita masih malu berimajinasi? Of couse I’m not :) 

– ditulis oleh Eka Trisno

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#597 Netherlands: Ketika Imajinasi Jadi Nyata!

  1. Saya percaya imajinasi adalah awal dari kenyataan. Kalau imajinasi aja ga berani, ga bakal sesuatu itu jadi kenyataan🙂

    Boleh kunjungan balik? https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/11/168-industri-kreatif-belanda-keunikan-yang-menguasai-dunia/
    dank u voor uw reactie🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s