#598 Pal-V: Solusi Belanda untuk Kemacetan Jakarta?

Saya tidak tahu dengan Anda, tapi menghabiskan waktu berjam-jam di kemacetan Jakarta bukan merupakan hal yang menyenangkan bagi saya. Waktu produktif yang terbuang dengan percuma (walaupun perjalanan saya selalu ditemani dengan komputer tablet yang memungkinkan komunikasi melalui e-mail dan IM tetap berjalan dengan lancar, kemacetan tetap saja hal yang membuat saya tidak produktif), ratusan kiloliter bensin bersubsidi yang dibakar untuk mejelajahi beberapa meter jalan raya (yang membuat pemerintah semakin gerah), bau tidak sedap dari keringat yang berbaur dengan lengkungan bibir yang melekuk ke bawah, dan tatapan mata yang kosong atau jari yang sibuk menari di atas keypad atau layar ponsel pintar dari orang-orang yang berdesakan dalam Metro Mini, Kopaja, dan bis-bis kota ikut meramaikan suasana “pesta” di jalan-jalan Jakarta. Saya yakin akan banyak orang yang setuju bahwa kemacetan selalu menjadi momok bagi produktivitas penduduk Jakarta dan berkontribusi sangat signifikan bagi kualitas hidup penduduk yang rendah.

Permasalahan utama adalah tingginya jumlah kendaraan roda empat, alias mobil, di ibukota Indonesia ini. Buruknya sistem transportasi massal juga makin memperburuk situasi, sehingga memiliki mobil pribadi selalu dirasakan sebagai solusi. Saya sendiri sempat berandai-andai, “Satu-satunya solusi kayanya mobil harus bisa terbang deh.”

Namun, rahang bawah saya hampir saja terlepas (sedikit lebay) melihat PAL-V buatan pabrikan Belanda. PAL-V, yang merupakan singkatan dari Personal Air and Land Vehicle (dalam terjemahan bebasnya: Kendaraan Pribadi Darat dan Udara), seperti menjawab “angan-angan tukang cendol” saya dan memanifestasikannya dalam sebuah produk yang nyata.

 PAL-V in action

PAL-V merupakan kombinasi yang luar biasa dari sebuah Carver (kendaraan roda tiga dengan kemampuan manuver tingkat tinggi ala pesawat tempur. Tolong jangan tertukar dengan bajaj Jakarta yah :D) dan Gyrocopter (kendaraan mirip helikopter, namun dengan cara kerja yang sangat berbeda. Silakan baca ini untuk referensi).

Dengan kecepatan yang mencapai 180 km / jam, baik di udara maupun darat, dan kemampuan take-off dan landing dalam jarak pendek (sekitar 100 meter), PAL-V seperti menjadi angin segar untuk mengurai kemacetan Jakarta yang semakin hari semakin membuat otak mendidih.

Saya pun mulai berangan-angan lagi (karena angan-angan sebelumnya telah menjadi nyata, jadi kenapa tidak memulai yang baru?). Dalam beberapa tahun ke depan, lahan parkir terbuka dari setiap perkantoran adalah “landasan pacu” bagi PAL-V. Dimensi PAL-V yang compact (kira-kira sebesar Toyota Avanza) dapat menghemat parkir basement maupun parkir di bagian luar gedung. Setiap pagi PAL-V berlalu lalang baik di darat maupun udara, menjadi kendaraan utama bagi mereka yang bekerja, menjadi solusi untuk keluar dari kemacetan Jakarta, dan bahkan pilihan utama untuk membawa orang-orang berlibur ke Puncak yang juga terkenal dengan kemacetan lalu lintas yang super parah! (Peringatan: hati-hati dengan Gunung Salak!).

Mungkin ini kembali masih angan-angan belaka. Tapi jangan salahkan saya, jika nanti ketika bis ataupun mobil mewah yang Anda tumpangi terjebak di kemacetan Jakarta, menempuh jarak hanya 50 meter dalam waktu 1 jam, dan dalam kefrustrasian, Anda mendongak ke atas dan tertegun melihat PAL-V melenggang dengan leluasa, membelah angkasa Jakarta dalam kecepatan penuh, dan Anda hanya bisa mengelus dada dan menggelengkan kepala. Siapa yang tahu PAL-V memang solusi masa depan dari Belanda untuk kemacetan Jakarta. Bagaimana menurut Anda?

– ditulis oleh Yusuf G. P.

3 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

3 responses to “#598 Pal-V: Solusi Belanda untuk Kemacetan Jakarta?

  1. waah keren tuh kalo ada yang pake PAL-V! Saya juga mau naik itu😀

    Boleh kunjungan balik? https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/11/168-industri-kreatif-belanda-keunikan-yang-menguasai-dunia/
    dank u voor uw reactie🙂

  2. Johnny R

    Jakarta akan selalu macet. Artikel yang bagus

  3. yadi

    yuk kita mimpi tuk kemajuan bangsa dan negri ini
    bravo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s