#600 Fashionable Cyclist, Ekspresi Kreativitas Tanpa Batas di Belanda

Belanda, siapa sih yang gatau Belanda? Kita semua pasti tau Belanda, bahkan sampai kakek buyut kita. Negara besar di Eropa Utara dengan luas wilayah kurang lebih 41.000 km persegi mempunyai empat iklim dan merupakan Founding Member dari Europe Union. Belanda dikatakan besar bukan karena ukuran lho, bahkan dibanding negara kita masih kalah jauh, Indonesia mempunyai luas wilayah 40 kali lebih besar dibanding Negara Belanda, tetapi justru mereka yang mampu menjajah Bangsa Indonesia 3 abad lamanya (Sudah, sekarang kita bukan kembali mengungkit masa lalu, hehe). Kembali lagi ke awal, Belanda adalah negara besar karena kemajuan peradaban, kemajuan teknologi, pola pikir penduduk, kemandirian, dan tingkat kreativitas mereka.

Sebagai negara maju, mereka berusaha semakin ramah lingkungan, termasuk dalam berkendara yaitu dengan sepeda. Belanda dikenal dengan negara yang mayoritas penduduk memiliki dan menggunakan sepeda daripada kendaraan bermotor. Asik ya! Jadi inget jaman dulu waktu penjajahan Belanda di Indonesia, lebih banyak orang yang menggunakan sepeda.

Karena sepeda sebagai transportasi pribadi dan utama mereka, penduduk Belanda tetap mengenakan baju yang menarik walaupun bersepeda. Penduduk Belanda mengekspresikan penampilan mereka sekaligus dengan mengendarai sepeda, layaknya jika orang Jakarta atau kota besar lainnya pergi ke kantor, ke pesta, atau acara lain mengendarai mobil.

 Tetap Cantik dengan bersepeda.

 Bersepeda dengan Gaya. What a nice fashion.

Seperti gambar di atas, wanita Belanda tetap tampil cantik dan menarik meskipun menggunakan sepeda. Mereka tetep fashionable and cheeks. (Wew, pasti kalau di Indonesia, bakal banyak pengendara motor tak lebih cepet dari sepeda ini, habis pengemudinya cantik sih. hehe) Setidaknya 85 persen penduduk Belanda punya 1 satu sepeda, dan mereka menggunakan setiap hari. Kreativitas mereka dalam berbusana dapat kita lihat saat mereka bersepeda. Bahkan saat berada di luar negeri, Penduduk Belanda yang hobi menggunakan sepeda juga terlihat tetap stylish meskipun di lingkungan berbeda yang penduduknya jarang menggunakan sepeda. Bahkan di musim dingin, Negara ini tetap lebih menggunakan sepeda! Dengan jaket yang fashionable pastinya.

 Bicycling when its cold

 Berangkat kerja dengan jas dan sepeda

 Dutch Girl who lived in New York. Terlihat mereka masih senang bersepeda meskipun tinggal di negara asing

Tak hanya pakaian mereka yang dimodifikasi untuk mengekspresikan kreativitas dan keunikan, namun sepeda mereka juga dimodifikasi menjadi sepeda tingkat. Dilihat serem juga, gimana klo jatuh? Tapi di Belanda disediakan jalur khusus untuk sepeda dengan panjang total 19.000 km jika kita mau mengelilinginya. Wow! Dan tentu saja, jalur itu datar dan rata, jadi gak perlu takut jatuh gara-gara menghindari lobang atau karena tanjakan dan turunan yang terlalu ekstrim. Selain dimodifikasi untuk hal kreativitas, mereka juga memiliki sepeda yang mementingkan fungsi dan keindahan. Seperti Ibu yang bersama anak-anaknya dengan sepeda modifikasi yang tetap indah, dan tentu saja, busana catchy yang dikenakan ibu tersebut

 “Bakfiets” thats we call in Dutch

 Sepeda tingkat, lebih tinggi dan lebih menantang. Ahaha

Di Belanda polusi kebisingan dan asap karena kendaran bermotor tidak banyak seperti di ibukota tercinta Jakarta. Media ekspresi kreativitas tidak melulu soal kanvas atau gambar, namun penduduk Belanda mampu mengekspresikan lewat sepeda. Asiknya kota ini, sudah ga perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membeli kendaran, tidak menambah polusi, dan juga pasti sehat secara fisik. Belanda, benar-benar negara maju yang tak henti-hentinya berkreasi dengan media apapun, termasuk melalui sepeda. Pengin banget ke Belanda, dan berharap Indonesia bisa menerapkan hal serupa. Never stop innovating guys! Cheers!

– ditulis oleh Fahmi Maulana

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#600 Fashionable Cyclist, Ekspresi Kreativitas Tanpa Batas di Belanda

  1. Hidup bersepeda! Saya sangat suka bersepeda. Olah raga yang ringan tapi manfaatnya sangat banyak baik untuk tubuh sendiri maupun untuk lingkungan, betul?

    Boleh kunjungan balik? https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/11/168-industri-kreatif-belanda-keunikan-yang-menguasai-dunia/
    dank u voor uw reactie🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s