#568 Belanda Akrab dengan Air, Progresif dengan Koneksi

Mendengar kata Belanda, pasti tidak lepas dengan negeri kincir angin. Hal ini dikarenakan di Belanda terdapat banyak kincir sebagai pembangkit tenaga listrik. Itu memang sangat menarik kareana mampu membuat inovasi seperti itu, tapi yang dibahas selanjutnya bukanlah mengenai kincir angin, yang dibahas yaitu motto “Akrab Dengan Air, Progrsif Dengan Koneksi”. Mungkin anda berpikir-pikir, bingung atau yang lain. Dari pada panjang lebar langsung saja saya jelaskan motto Belanda Akrab Dengan Air, Progresif Dengan Koneksi merupakan motto yang dikeluarkan oleh Kementerian Transportasi, Pekerjaan Umum dan Manajemen Air (Ministerie van Verkeer en Waterstaat; V & W) adalah kementrian Belanda yang bertanggung jawab untuk sistem pengelolaan air , transportasi publik dan swasta dan infrastruktur di Belanda, tapi sekarang merupakan bagian dari kementrian baru yaitu Kementerian Infrastruktur dan Lingkungan Hidup .

Motto ini lebih menekankan pada pengelolaan lingkungan di Negara Belada. Bisa dilihat dari wilayah negara Belanda yang sebagian besar berada di bawah permukaan air laut dan permukaan tanah di negara Belanda sangat rata sehingga Belanda sering terkena banjir. Dari permasalahan tersebut, maka muncul ide untuk membuat dinding laut. Ada juga kawasan yang direklamasi yaitu mengeringkan lautan untuk dijadikan daratan seperti daerah Flevoland, Belanda. Biasanya kawasan yang direklamasikan disebut dengan Polder. Salah satu konstruksi yang terkenal ialah “Afsluitdijk” (Penutup Tanggul), yang memisahkan danau IJssel (IJsselmeer, dulunya disebut laut Zuider atau Zuiderzee) dengan laut Wadden (Waddenzee). Panjang dari tanggul ini 32 km dan lebarnya 90 m. Inilah yang membuat negara Belanda disebut akrab dengan air.

Sedangkan untuk progresif dengan koneksi, negara Belanda melakukan pengelolaan lingkungan pada penataan wilayah mereka agar infrastruktur yang menghubungkan antar wilayah tidak terjadi kendala serta mampu mengurangi kerusakan linkungan. Yang paling unik dari negara Belanda terkait dengan motto progrsif dengan koneksi adalah penggunaan sepeda sebagai saran transportasi untamnya. Kurang lebih sekitar 40% masyrakat Belanda menggunakan sepeda sebagai alat transportasinya. Hal itu bisa ditunjukkan dengan gelar yang diperoleh kota Amsterdam sebagai “The Best Places to Ride, Amsterdam is World’s Top City Cyclists”. Dari penggunaan sepeda sebagai alat transportasinya, tentu juga pemerintah negara Belanda juga menyediakan fasilitas atas penggunaan sepeda yaitu berupa jalur khusus untuk sepeda dan tempat parkir khusus sepeda.

Dari beberapa pernytaan diatas menunjukkan bahwa kepedulian terhadap lingkungan di Negara Belanda sangatlah tinggi dan semua itu didukung oleh semua pihak baik dari pemerintahnya dan masyrakatnya. Kepedulian terhadap lingkungkungan Negara Belanda patut untuk dijadikan contoh bagi negara-negara selain Belanda, mengingat kerusakkan lingkungan di dunia semakin meningkat setiap tahunnya.

– ditulis oleh Ade Sandi Nugroho

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s