#601 Sapuan Kuas Oranye

Pernahkah kalian memikirkan mengapa Belanda identik dengan warna oranye hingga disebut ‘Negeri van Oranje’? Apakah hal tersebut karena tim sepak bola Ajax yang terkenal sampai seluruh penjuru dunia? Atau mungkin ada alasan tertentu?

Ternyata, apabila ditelusuri lebih jauh, dalam filosofi warna; oranye memiliki arti semangat, yakni daya juang untuk mencapai sesuatu.

Dan yang pertama kali terlintas di benak saya ketika mendengar kata kreatif adalah semangat. Ya, semangat. Semangat sendiri merupakan penggerak untuk memulai sesuatu mulai dari skala kecil hingga besar. Dari pikiran kreatif yang sebelumnya hanya mengkristal di otak, dengan adanya semangat maka kreativitas tersebut dapat tersalurkan.

Dimulai dari semangat juga, muncul kreativitas yang menjadikan negeri yang luasnya tidak sampai satu provinsi Jawa Barat ini menjadi salah satu negeri papan atas. hasilnya pun dapat dilihat dengan pencapaian negeri Belanda salah satunya adalah urutan ke-10 negara dengan jumlah penerima nobel terbanyak. Hal itu tentunya tak lepas dari semangat, dan penduduknya yang tak berhenti untuk berpikir “out of the box”

Dengan bekal semangat yang membuahkan kreativitas juga, Belanda dapat menyelesaikan hampir semua masalah dan memberikan kontribusinya baik di negeri nya sendiri maupun di dunia ini. Sebagai contoh, Belanda yang dari segi geografis cukup rendah untuk ditinggali, dapat disiasati dengan kehadiran dam dan kincir angin. Lalu, siapa yang tidak mengenal brand Unilever dimana hampir setiap rak toko dipenuhi oleh produk asal negeri kincir angin ini?

Negeri Belanda sukses mempercayai intuisi, menyalurkan semangat yang dimilikinya, dan menerjemahkan semua itu ke dalam tindakan kreatif. Dengan demikian Belanda yang dahulu bisa dibilang merupakan underdog dan tidak diperhitungkan, karena kreativitasnya mengalami peningkatan kepercayaan diri dan semakin mantap saja stabilitasnya di dunia.

Dunia terus berubah dengan kecepatan yang semakin cepat. Menggunakan aturan-aturan lama dan asumsi-asumsi lama adalah resep untuk ketinggalan zaman. Untuk bertahan, kreativitas dibutuhkan untuk beradaptasi dan berhasil dalam dunia yang cepat berubah ini dan Belanda, memilih
untuk menyapukan warna oranye di ‘kanvas’ nya. Negeri ini yakin bahwa dengan semangat, setiap jiwa yang telah terlahir dengan kreativitas dapat memaksimalkan kreativitas tersebut untuk pembangunan negeri yang identik dengan bunga tulip ini.

– ditulis oleh Sharima Umaya

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#601 Sapuan Kuas Oranye

  1. Shinta

    Dibandingkan tulisan yang lain tulisan yang ini simpel ya, langsung menjelaskan kreativitas secara umum! Nice

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s