#606 10 Bahasa, 24 Jam Sehari

Image

Pernah mendengar radio internasional dari rumah? Saya pernah lho mendengar BBC dan Deutsche Welle. Programnya sangat berbeda dari radio lokal, beritanya lebih lengkap terperinci. Kenapa bisa berbeda? Tentu saja karena mereka menyampaikan informasi dari sudut pandang mereka sendiri secara obyektif.

Ternyata selain BBC dan Deutsche Welle ada juga Radio Nederland Wereldomroep, Radio France Internationale, dan Voice of America yang masuk dalam 5 besar stasiun radio internasional. Melalui siaran radio, televisi dan internet, mereka semua menyalurkan berita, informasi dan budaya kepada jutaan orang di seluruh dunia dalam berbagai bahasa. Hebat!

Radio Nederland Wereldomroep

Radio Nederland Wereldomroep

Untuk BBC, Deutsche Welle, dan Voice of America saya sudah pernah melihat siaran televisinya. Sedangkan untuk Radio Nederland Wereldomroep dan Radio France Internatinale inilah yang baru saya tahu belakangan. Di sini saya akan lebih banyak membahas tentang Radio Nederland Wereldomroep karena radio ini jelas sudah disalurkan dalam Bahasa Indonesia dan kemarin baru saja ulang tahun yang ke 65.

Radio Nederland Wereldomroep didirikan di Hilversum. Sekitar 350 orang bekerja di sini, sebagian besar berasal dari negara yang menjadi sasaran siaran. Jurnalis, pembuat program, pembawa acara, teknisi, produser, dan karyawan lain dengan sekitar 30 kewarganegaraan berbeda setiap hari mengisi program radio dan situs web dengan acara istimewa dan kerap menjadi bahan diskusi. Selain itu Radio Nederland Wereldomroep juga memiliki koresponden di seluruh dunia.

Tetapi sayang, buruknya keadaan ekonomi Eropa saat ini dan juga kemajuan teknologi di bidang internet serta telepon pintar (smartphones) membuat peran radio, terutama radio gelombang pendek, semakin tidak relevan. Karenanya,Radio Nederland memutuskan untuk menghentikan siaran bahasa Belanda dan Bahasa Indonesia. Radio Nederland Wereldomroep siaran terakhir dalam bahasa Belanda selama 24 jam, Jumat (11/5/2012) hingga Sabtu (12/5/2012), Sedangkan Siaran dalam bahasa Indonesia akan berhenti tanggal 1 Juli mendatang.

Radio Nederland Wereldomroep

Radio Nederland Wereldomroep

Pengurangan anggaran sebesar 70 persen yang diloloskan oleh parlemen Belanda memaksa RNW untuk mengkaji keberadaan mereka. Pengurangan ini tentu saja disesalkan oleh Rik Rensen pemimpin redaksi Radio Belanda (RNW).Padahal negara-negara lain tetap melanjutkan siaran, seperti BBC World Service, Deutsche Welle, dan The Voice of America. Apalagi sebagian besar Produk Nasional Bruto Belanda berasal dari luar negeri. Seharusnya Belanda mempunyai ‘wajah’ dan suara sendiri di bagian lain dunia.” kata Rik Rensen dalam situs resmi Radio Nederland.

Siaran bahasa Belanda RNW dimulai tahun 1947. Pada awalnya siaran radio itu hanya diperuntukkan agar warga Belanda yang melancong atau bertugas di luar negeri bisa memberikan kabar kepada sanak keluarga di Belanda maupun sebaliknya.

Menyusul matinya siaran radio dalam beberapa bahasa tersebut, RNWmenyebutkan masih akan tetap beroperasi. Namun formatnya belum jelas. Hanya disebutkan bahwa lembaga ini akan memfokuskan perhatian pada free speech atau kebebasan berekspresi dan pemberian informasi independen kepada negara-negara tanpa pers bebas di Timur Tengah, Afrika, China, dan Amerika Latin.

Bisa dilihat bahwa lembaga ini tetap fokus untuk menyalurkan berita dan informasi terlebih kepada negara-negara tanpa pers bebas. Mereka mampu untuk mengembangkan ide-ide baru dan mencari tahu cara-cara baru dalam melihat suatu permasalahan serta peluang-peluang. Inilah kreatifitas.

Dari sini dapat kita petik pelajaran bahwa teknologi bukan satu-satunya sumber inovasi, desakan pasar atau konsumenlah yang mempunyai kemungkinan tertinggi untuk berhasil.

– ditulis oleh Kurniawan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s