#607 Woman and Painting

Marlene Dumas

Marlene Dumas

I paint because I am a woman.

(It’s a logical necessity.)

If painting is female and insanity is a female malady, then all women painters are mad and all male painters are women.

I paint because I am a country girl.

(Clever, talented big-city girls don’t paint.)

I grew up on a wine farm in Southern Africa. When I was a child I drew bikini girls for male guests on the back of their cigarette packs. Now I am a mother and I live in another place that reminds me a lot of a farm – Amsterdam. (It’s a good place for painters.) Come to think about it, I’m still busy with those types of images and imagination.

….

Marlene Dumas 1993

Seorang wanita yang cerdas dan kreatif, Marlene Dumas adalah seniman top di Belanda. Walaupun lahir di Cape Town, Afrika Selatan. Marlene Dumas tinggal dan bekerja di Harleem, Belanda sampai saat ini. Dilihat dari segi ketenarannya di dunia internasional di bidang seni rupa, ia paling banyak menggelar pameran baik di dalam maupun di luar negeri. Selain menjadi pelukis dia juga seorang penulis, salah satunya yang ada di atas, dengan judul Woman and Painting dia menggambarkan dirinya sendiri secara lengkap dengan bahasa yang bagus. Banyak orang belum bisa memahami dirinya sendiri, tetapi tidak dengan Marlene Dumas.

Berikut adalah satu dari sekian banyak karya Marlene Dumas :

Image

 

Jule-die Vrou adalah potret lukisan tanpa tubuh yang dibingkai dalam close-up ekstrim, hanya mata dan bibir model yang penuh dengan atribut dari rayuan dan seksualitas. Sisa dari lukisan itu dilenyapkan oleh warna merah muda dari bibir yang terlihat berisi, sugestif dari feminitas, dosa, kekerasan dan kewanitaan. Kontras antara representasi dan abstraksi yang menunjukkan perbedaan psikologis, di mana moralitas, representasi, dan konvensi sosial dipertanyakan.

Harga karya seninya paling mahal (tahun lalu 1,7 miliar ditawarkan untuk “My moeder voor sy my moeder was”). Kreatifitas ternyata sangat mahal ya harganya. Inilah lukisan yang artinya adalah Ibuku sebelum dia menjadi seorang Ibu itu :

Image

Namanya juga tercantum dalam daftar seniman kelas kakap di dunia. Hal tersebut tercantum dalam hasil penelitian majalah Elsevier di kalangan galeri dan museum terkenal di dalam dan di luar negeri. Minggu lalu diterbitkan edisi ketujuh Top-100 seniman Belanda yang paling dikenal di luar negeri.

Yang diteliti adalah sejumlah ekposisi solo, pembelian karya seni yang dilakukan museum, sejumlah hadiah yang diraih seorang seniman dan jumlah artikel di majalah-majalah internasional. Marlene Dumas terbukti mengungguli seniman-seniman lain.

Jika anda tertarik untuk melihat karya Marlene Dumas, sekarang ada karya  yang sedang dipamerkan di Fondazione Stelline di Milan dan dapat disaksikan sampai 17 Juni 2012. Buka dari jam 10:00 – 20:00, Selasa – Minggu, (tutup tiap hari Senin) dengan harga tiket berkisar antara € 3 sampai € 8. Untuk lebih lengkapnya bisa di cek di www.stelline.it. Setelah itu ada lagi pameran solo pada 2014 di Belanda.

– ditulis oleh Kurniawan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s