#608 Belanda Sang Penjinak Air Laut

Belanda. Yang terlintas dibenak saya ketika setiap kali membaca atau mendengar kata Belanda adalah sebuah negara dengan bunga tulip yang indah yang dijadikan sebagai bunga nasional Belanda, negara yang terkenal dengan pesona kincir angin yang legendaris, dan sebuah negara yang tanahnya lebih rendah dari laut. Karena begitu, maka Belanda dikelilingi oleh Dam. Karena itu, Dulu saya mengenal Belanda sebagai Negara Dam. Dan oleh sebab itu, dari dulusaya ingin datang ke Belanda, ingin melihat secara langsung kehebatan negara yang dikelilingi oleh dam.

Nama luar negeri dari Belanda, yaitu Netherlands dan salah satu daerah di Belanda yang seringkali dipakai menjadi nama lain dari Belanda, yaitu Holland mempunyai arti sebagai ‘tanah yang rendah’ dan ‘tanah yang datar’.

Sebenarnya tidak semua daerah di Belanda tanahnya lebih rendah dari laut, hanya sebagian besar saja, yaitu dipesisir pantainya. Titik dataran terendah Belanda adalah 6.76 dibawah permukaan laut. Saat tahu itu, saya melihat hal yang keren dari negara Belanda, yaitu sebagai suatu negara yang kreatif dan inovatif!

Sesungguhnya membangun negara Belanda dari tanah yang awalnya tergenang oleh air dan pada akhirnya bisa didiami oleh manusia bukanlah hal yang mudah. Hal ini telah dilakukan sejak dahulu, ketika nenek moyang orang Belanda memulai membangunnya dengan membuat pematang raksasa yang dibuat dari bukit-bukit pasir buatan. Selanjutnya mereka menanami berbagai tumbuh-tumbuhan, seperti rerumputan dan belukar, dan juga pohon-pohon kayu. Tentu saja hal ini dilakukan agar tanahnya tidak longsor serta tidak terkikis ombak laut.

Pada malam hari, tanggal 31 Januari 1953, terjadi musibah yang tentunya tidak akan terlupakan oleh masyarakat Belanda. Eropa Barat, termasuk Belanda didalamnya, dilanda badai dan air pasang. Hal itu mengakibatkan bendungan setinggi sekitar 4,55 meter di pinggir pantai pesisir Zeeland bobol. Bendungan ini ternyata tidak tahan pada ombak laut dan badai. Akibatnya, sebagian propinsi ini pun tenggelam. 150 ribu hektar tanah terendam, ribuan orang meninggal, serta kerugian harta benda yang sangat banyak.

Setelah kejadian itu, pemerintah kerajaan Belanda mengadakan proyek delta. Proyek delta adalah pembuatan bendungan air laut dengan meletakkan bendungan terbuka dan memperkuat tanggul-tanggul. Proyek ini menghubungkan antara daratan Zeeland dengan pulau-pulau disebelahnya dengan bendungan raksasa.

 Keindahan Proyek Delta Belanda

Konstruksi pertama selesai pada tahun 1958, yaitu Hollandse Ijssel yang dibangun untuk melindungi wilayah padat menduduk di Belanda Barat. Setelah itu, Oosterscheldekering, konstruksi yang selesai pada tahun 1986. Dengan panjang mencapai delapan kilometer, maka konstruksi ini adalah proyek terbesar Delta dan menjadi salah satu bangunan terbesar didunia. Konstruksi yang terakhir adalah De Maeslantkering, yaitu dua pintu putar raksasa yang selesai pada tahun 1997.

Sesungguhnya proyek Delta adalah salah satu ide yang sangat inovatif. Proyek ini menggunakan teknologi canggih, sampai menarik perhatian internasional. Adalah kelompok insinyur sipil Amerika yang mengumumkan bahwa Proyek Delta sebagai salah satu di antara tujuh keajaiban dunia.

 Proyek Delta di Waterland, Belanda

Tetapi proyek Delta ini ternyata tidak berhenti disini, karena perubahan iklim dan meningkatnya permukaan laut terus mengancam Belanda. Bendungan di Belanda akan terus dibangun, terus disempurnakan. Inovasi dan kreatifitas terus dikembangkan, agar kejadian pada tahun 1953 tidak akan terjadi lagi.

Demikianlah negara Belanda yang terus berinovasi, terus berkembang, terus melanjutkan perjuangannya menjinakkan air yang berada disekitarnya.

– ditulis oleh Mahar Azhari

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#608 Belanda Sang Penjinak Air Laut

  1. hanahanum

    bener banget! dam nya keren2 disana, & waterland itu salah satu tempat yg indah dibelanda, disana ada desa yang jalanannya itu sungai, broek klo ga salah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s