#613 Why Dutch People Are Creative? The Correlation betwen Creative and Quality of Live (Sebuah Kontemplasi Pendekatan Psikologi)

Ku genggam secangkir kopi dan kuresapi aroma yang keluar darinya. Hangat dan taste dari kopi seringkali membuat pikiranku lebih tenang dan perasaanku lebih nyaman. Untuk alasan itulah aku jatuh cinta pada kopi. Melalui kedamaian yang kudapatkan dari kenikmatan meminum kopi ini pikiran-pikiran yang ada di otakku saling berbicara. Menanyakan mengapa orang-orang Belanda seolah-olah anti mati gaya dan selalu menghasilkan ide-ide yang brilian, segar, mengagumkan, mencengangkan dan menorehkan berbagai prestasi di dunia. Baik dari segi bangunan dan arsitekturnya yang unik, sistem pendidikannya yang berkualitas, fashion, sistem pemerintahan, dan teknologinya, Untuk alasan itulah aku jatuh cinta pada Belanda tanpa menkhianati tanah airku tercinta.

Pertanyaan besar yang bergelayut dalam benakku kian lama kian lama kian menjadi. The big question in my head “ Why…why….Dutch People Are Very Creative ? “ sehingga mereka bisa menjadi bangsa yang maju seperti sekarang ini? Apa bedanya dengan tanah kelahiranku ?. Perlahan tapi mulai terlihat titik terang, aku mulai mengubungkan titik-titik kreatifitas dengan ilmu yang pernah aku geluti yakni psikologi.

Orang-orang yang memiliki kreatif yang tinggi akan memiliki kehidupan yang tidak statis, selalu menghasilkan ide-ide yang baru dan mudah untuk meraih keberhasilan. Menurut kacamata psikologi, orang-orang yang kreatif merupakan pribadi yang telah mencapai aktualisasi diri. Adapun yang dimaksud dengan aktualisasi diri adalah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu apa yang memang ingin dilakukan sesuai dengan dirinya dan memaksimalkan potensi dirinya.  Oleh karena itu, jika dilihat dari tingkat kreatifitas orang-orang Belanda,secara garis besar dapat dikatakan bahwa orang-orang Belanda telah mencapai aktualisasi diri sehingga mereka mampu memiliki inovasi yang luar biasa.

Menurut Abraham Maslow, seseorang dapat mencapai tahapan aktualisasi diri apabila kebutuhan fisiologis (sandang, pangan dan papan), kebutuhan keamanan, kebutuhan cinta, sayang, kepemilikan, kebutuhan akan dihargai sudah terpenuhi. tidaklah mengherankan apabila sebagain besar penduduk Belanda telah mencapai tahapan aktualisasi diri. Karena berdasarkan hasil dari survey yang dilakukan Mercer pada tahun 2011, Amsterdam menduduki peringkat 12 sebagai kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia. Sementara itu, pada tahun 2012 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menerbitkan laporan “World Happiness Report” pekan lalu dan negeri Belanda adalah negeri paling bahagia ke-4 di seluruh dunia, selain itu menurut studi yang dilakukan OECD pada tahun 2011, Belanda juga merupakan negara terbaik ketiga dalam hal Work-Life Balance.

Dari paparan di atas, dapat ditarik sebuah benang merah bahwa kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh kreatifitas. Kreatifitas sebagai bentuk dari aktualisasi diri akan dapat muncul apabila kualitas hidup seseorang baik dan kebutuhan-kebutuhannya telah terpenuhi. Untuk itu, agar bangsa ini maju, nampaknya hal yang utama yang harus dilakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kulitas hidup dari masyarakat. Karena ada hubungan yang erat yang tidak dapat dipisahkan antara pengembangan kreatifitas dan kualitas hidup. Untuk tataran individu, mari kita saling memberikan kasih saying, kebahagiaan, saling toleransi dan penghargaan untuk setidaknya berusaha mencukupi kebutuhan kasih saying dan penghargaan bagi diri sendiri dan orang lain.

– ditulis oleh Wijayanti R.

Iklan

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#613 Why Dutch People Are Creative? The Correlation betwen Creative and Quality of Live (Sebuah Kontemplasi Pendekatan Psikologi)

  1. Agar bangsa ini maju, hal yg harus dilakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan —> Tapi kok, saya sering melihat kreatifitas justru muncul dalam keterbatasan yak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s