#616 Ketertarikan Mahasiswa Meneruskan Studi di Universitas Belanda

Belanda adalah negara yang selalu terdepan dalam masalah pendidikan. Dimana pendidikan menjadi sebuah fokus utama untuk sebuah bangsa menjadi besar dan maju. Komitmen negara Belanda untuk terus berkontribusi aktif mencari dan mempersilahkan dengan senang hati bagi mahasiswa non-Belanda untuk merasakan atmosfer pendidikan yang ada di universitas di Belanda.

Banyak negara yang ingin memiliki kerjasama dengan salah satu universitas di Belanda, karena selain fasilitas yang ditawarkan oleh universitas di Belanda yang dapat memberikan kemajuan akademik siswa dengan cepat, juga atmosfer belajar yang kondusif. Banyak ilmuan yang terlahir dari universitas yang ada di Belanda, sehingga mereka mendidekasikan ilmunya baik untuk akademisi maupun masyarakat.

Hal tersebut menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi mahasiswa diluar negara Belanda untuk menjadikan negara Belanda salah satu tujuan belajar mereka. Pemerintah Belanda memberikan dorongan yang kuat agar setiap universitas yang didirikan dan dikelola memilki daya tarik dan memiliki karakteristik yang unik sehingga akan banyak calon siswa atau mahasiswa menginginkan untuk menjadi salah satu bagaian univeristas yang ada di Belanda tersebut.

Salah satu kerabat yang dimiliki penulis, diberikan kesempatan yang berharga untuk mengikuti perkuliahan dan mengetahui negara Belanda secara langsung. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa Belanda sangat terbuka bagi siapapun yang memiliki kemauan kuat, kualifikasi yang cukup dan mental yang kuat pula untuk membuktikan diri menjadi kandidat atau bahkan calon mahasiswa di universitas yang ada di Belanda.

Setiap negara maju seperti Belanda sangat wajar jika ingin menjadikan negaranya sebagai negara pelajar terbesar, pencetak ilmuan terbanyak dan tempat belajar yang nyaman karena memang mereka memiliki semua potensi yang dibutuhkan untuk memfasilitasi pengelolaan pendidikan yang terbaik. Mereka mampu mengadakannya dan mereka siap baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam maupun dukungan yang sangat tinggi dari pemerintahnya sendiri.

Kesiapan negara Belanda dalam menyambut baik keinginan calon mahasiswa di luar negara Belanda yang menetapkan atau mengambil langkah untuk kuliah full disana maupun hanya sekedar pertukaran mahasiswa saja memberikan kesan baik tersendiri, dimana kesiapan yang dilakukan oleh setiap universitas sangat sistematis dan terkordinir dengan baik. Hal ini membuktikan keprofesionalan universitas yang ada di Belanda yang fokus dalam memberikan kesempatan yang berharga bagi siswa atau calon mahasiswa yang sangat ingin belajar di Belanda.

Belanda mendeklarasikan diri menjadi sebuah negara yang memberikan perhatian tinggi untuk kemajuan perkembangan keilmuan dari segala aspek. Sehingga negara Belanda sangat terbuka untuk memberikan kesempatan kepada siswa atau calon mahasiswa untuk mengetahui lebih banyak tentang Belanda dengan mengizinkan mereka untuk belajar di Belanda, dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku dan yang ditetapkan oleh universitas di Belanda yang harus mutlak dapat dipenuhi. Tetapi, bagi siswa atau calon mahasiswa non-negara Belanda hal itu tidak menjadi sebuah kendala, karena ketertarikan mereka yang lebih besar untuk belajar di negara Belanda, sehingga merekapun sudah mempersiapkan persyaratan yang diprediksi harus dipenuhi.

Dengan demikian ketertarikan atas budaya, prilaku, sistem pengelolaan pendidikan yang baik , keterbukaan diri dari negara Belanda sendiri menjadi salah satu daya tarik untuk mendatangkan mahasiswa non-negara Belanda untuk merasakan belajar menuntut ilmu di negara Belanda.

– ditulis oleh Sukma F. Putri

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#616 Ketertarikan Mahasiswa Meneruskan Studi di Universitas Belanda

  1. azhar

    adakah kesempatan bagi saya untuk mengikuti pendidikan di belanda, sementara saya adalah seorang pns di lingkungan fpemerintah kota pekanbaru riau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s