#618 Perjalanan Panjang Negeri Boneka

Hamparan bunga tulip yang cantik. Bangunan-bangunan megah yang unik. Kincir angin yang entah bagaimana menggoda kita menjadi puitis. Satu kata untuk membungkus semua itu : Belanda! Menikmati kecantikannya satu persatu akan benar-benar membuat kita tersesat. Tersesat dalam kekaguman.

Karpet tujuh juta Bunga

Haven’t seen Keukenhof? Then you haven’t seen the Netherlands.

Saya mencontek kata-kata tersebut dari situs http://www.keukenhof.nl. Memangnya apa sih Keukenhof itu sampai menjadi hal yang harus dikunjungi saat datang ke Belanda? Bayangkan hamparan karpet raksasa warna-warni yang digelar di sana sini. Barangkali, seperti itulah yang terlintas saat pertama melihat Keukenhof.

Keukenhof merupakan taman bunga yang dibuka setiap tahun pada musim semi, sekitar akhir Maret sampai pertengahan Mei. Taman seluas 32 hektar ini memamerkan tujuh juta kuntum bunga. Ya, ya tulip, tulip, tulip. Semuanya mencapai 100 jenis. Tentu ada bunga-bunga lain juga, menambah cantik suasana. Keindahan yang luar biasa.

Tersesat ke Masa Lalu

Ingin mencoba bertualang ke masa lalu? Belanda punya bangunan-bangunan yang dibangun berabad-abad lalu. Lihatlah contoh di Amsterdam. Kota ini punya sederet gedung yang betul-betul cantik dan indah. Bertualanglah ke Royal Palace. Atau jika asing dengan Bahasa Belanda dan ingin menatang lidah kita, bisa menyebut dalam bahasa aslinya Koninklijk Paleis. Gedung yang mempesona dari luar ini dibuat dari batu putih yang berkilauan. Memang, gara-gara cuaca, sekarang tidak terlalu kelihatan lagi. Masih kurang bertualang? Masih banyak bangunan-bangunan kuno lain yang kian melengkapi khayalan kita.

Lalu bagaimana dengan bangunan-bangunan yang lebih modern? Lihatlah ‘kapal nyaris tenggelam’ NEMO Museum di Amsterdam. Meskipun tentu 500.000 pengunjungnya datang karena ilmu pengetahuan yang dijabarkan secara kreatif di dalamnya, tentu ini tidak mengurangi fakta kalau bangunan museum sains ini benar-benar keren. Tentu tidak perlu dikatakan lagi kalau masih banyak lagi bangunan unik dan cantik.

Masih banyak lagi bangunan-bangungan yang membuat kita hanya memikirkan satu hal, kehebatan dan betapa kreatif arsitek di baliknya. Dan tentu saja, mereka semua yang bekerja keras membuat gedung tersebut menjadi nyata.

Kincir Angin, So Netherlands

Dan, inilah ikon yang paling ikon dari Belanda, kincir angin. Atau jika ingin beberapa detik menyamar jadi orang Belanda, bolehlah kita menyebut windmolen. Dengan banyak wilayah yang ketinggiannya di bawah permukaan laut, mungkin sekilas air adalah musuh untuk orang Belanda. Tapi, ini menjadikan mereka menjadi kreatif. Ini kisah yang menjadikan kincir angin sahabat untuk negeri Belanda. Kincir angin menolong mereka menghalau air dari daratan. Inilah yang membuat kincir angin sangat Belanda. Tentu, masih banyak jasa kincir angin yang lain. Menjadikan Belanda benar-benar kreatif memanfaatkan kincir angin.

Tulip, bangunan-bangunan unik, kincir angin adalah bagian perjalanan panjang negeri Belanda. Perjalanan yang menantang kreatifitas. Dan dibalik semua keindahan itu, terdapat teknologi yang luar biasa. Lalu, apa hubungan semua ini dengan boneka? Well … kedengarannya terlalu memaksa. Tapi hamparan bunga, bangunan-bangunan megah, kincir angin membuat saya ingin membuat versi mungil dari tempat-tempat tersebut. Dan, siapa yang paling cocok untuk tinggal di tempat mungil tersebut? Sesuatu yang sama imut, boneka!

– ditulis oleh Maria W.

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s