#619 Hadiah untuk Sang Ratu

Jika dibandingkan dengan kontur tanah negara lain, Belanda memiliki kontur yang sangat ironis sekali. Kondisi seperti itu memaksa penduduk untuk terus berpikir demi kelangsungan hidup. Pada kenyataannya, Belanda merubah kekurangan tersebut menjadi potensi yang besar sehingga dapat dijadikan hadiah untuk sang Ratu. Lalu hadiah apa yang dimaksud?

Hadiah itu adalah buah pemikiran yang dituangkan dalam wadah kreatifitas yang membuat Belanda didaulat menjadi “The Most Innovative Country” (urutan-8). Torehan itu membuat saya merasa ingin tahu apa bentuk kreatifitas yang telah diperbuat. Berikut hasil pencarian saya yang membuat anda akan bertanya “kenapa ide kreatif itu tidak terpikirkan oleh saya?”.

1. Flying Car

Flying car atau mobil terbang yang diberi nama PAL-V ini merupakan kendaraan layaknya sebuah mobil namun dirancang agar memiliki kemampuan terbang yang bekerja berdasarkan gyrocopter. Karya ini dapat dikatakan pioner dalam dunia otomotif karena wujud nyata dari mimpi para perancang dan engineer didunia. Produsen Spark akan mewujudkan prototipe yang telah diuji secara ekstensif kearah komersil hingga akhir tahun 2014.

2. Electromagnetic Shock Breaker

Dalam event “Future of Electric Vehicle” di San Jose Amerika, Belanda melalui delegasinya TU Eindhoven menghasilkan karya dalam bidang otomotif berupa suspensi kendaraan yang dapat menghasilkan energi listrik pada setiap getaran yang dibangkitkan oleh kendaraan. Dari segi kenyamanan dan keamanan, suspensi ini dapat meningkatkan hingga 60%. Suspensi ini bekerja secara gerak translasi dan disensing oleh sensor akselerometer. Inovasi ini akan ditargetkan untuk menggantikan sistem kelistrikan pada kendaraan yang sebelumnya menggunakan aki.

3. Vibration Energy

konsep ini dapat dikatakan sustainable energy, dimana Belanda memanfaatkan setiap laju mobil yang melintas dihadapan sensor piezoelectric direkam dan dikonversi menjadi muatan listrik. Sensor ini merupakan transduser yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Dengan konsep ini dimaksudkan untuk menggantikan seluruh sistem kelistrikan yang ada pada jalanan dengan energi yang dihasilkan oleh piezoelectric tersebut, sehingga meredam energi yang terbuang secara percuma. Konsep ini telah rampung dalam uji coba yang dilakukan di jalan raya N34 dekat Hardenberg.

4. SolaRoad Bike Path

Belanda terkenal dengan transportasi sepeda, dimana sebahagian aktivitas penduduknya dilakukan dengan bersepeda. Bahkan pemerintahan Belanda memberikan jalur khusus bagi pengguna sepeda. Apresiasi tidak hanya dalam pemberian jalur, namun jalur ini didesain khusus pada ruas jalannya dengan susunan silicon solar sel ketebalan 1 cm dan dilapisi kaca bening. Konsep solaRoad ini diharapkan menghasilkan 50 kWh per meter kuadrat per-tahunnya (wah mampu menerangi 10 rumah elit).  Saat ini, solaRoad ini dalam tahap konsep awal yang diharapkan rampung dalam tahun 2012 ini.

5. The Citadel: Floating Apartment Complex

Selama berabad-abad Belanda berperang dengan pasang-surut air laut  dan mengatasinya dengan membangun tanggul dan memompa air keluar dari daerah yang berada dibawah permukaan laut. Jenuh bergelut dengan air infiltrasi (aliran air ke dalam tanah melalui permukaan tanah), Belanda malah menggunakannya sebagai terobosan baru yang disebut “new water” yang akan menampilkan konsep apartemen apung pertama di dunia.

Teknik water-breaking yang dirancang Koen Olthuis waterstudio, disisi lain bangunan ini bakal meredam angka kebutuhan energi sebesar 25% dibandingkan bangunan konvesional yang ada pada daratan. Pemanfaatan lain yang bakal ditunjukkan dari konsep ini adalah pendingin udara dengan menggunakan air disekitarnya (water cooling techniques).

– ditulis oleh Prindi Wibowo

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s