#622 Never Ending Innovation, The True Creativity

Kalau berbicara tentang Belanda, yang ada dalam fikiran saya adalah landscape dengan kemegahan kincir angin raksasa dan keindahan hamparan kebun tulip yang berwarna-warni like a rainbow on the ground. Yupp.. Kincir Angin raksasa, Tulip, Keju, dan Dam, itulah khas dari negara yang mempunyai luas 41,528 km² dimana 18,41% adalah perairan, namun tak hanya itu saja ternyata Belanda mempunyai banyak fakta yang membuat kita harus berkata “Waw.. Amazing!”. Negara yang biasa disebut Orange ini merupakan negara kecil yang sebagian wilayahnya yaitu 60% dari datarannya berada di bawah pemukaan laut dengan permukaan tanah yang sangat rata dan tak banyak perbukitan.

Negara ini disebut-sebut sebagai negara yang mempunyai kretivitas dan inovasi tiada akhir, dimana orang-orangnya mempunyai kreativitas yang sangat tinggi, berfikiran terbuka dan pragmatis. Keunggulan dalam berinovasi dan berkreasi sudah tidak diragukan lagi. Negara ini mampu menjadikan bunga liar pegunungan sebagai industri bernilai milyaran rupiah dan sekaligus ikon dari negara ini. Sejarah bunga tulip sebenarnya bukanlah bunga asli dari Belanda melainkan bunga yang tumbuh liar di dataran Asia Barat dan Asia Tengah, dan awalnya dikomersialisasikan oleh Turki pada zaman kekaisaran Ottoman, but the end Tulip menjadi ciri khas dari Belanda, ini berkat kreatifitas dan inovasi dari orang-orang belanda yang berhasil mengembangbiakkan tulip dengan berbagai variasi warna dan bentuk.

Netherland, adalah nama dari negeri kincir angin ini yang berarti tanah rendah, seperti yang telah dikemukakan sebelumnya bahwa sebagian dari dataran di Belanda lebih rendah dari permukaan air laut. Air menjadi ancaman dan tantangan bagi negeri ini, dengan keadaan geografisnya yang seperti itu the dutch (sebutan untuk orang-orang belanda) mampu berinovasi dan menciptakan sebuah karya besar yaitu Delta Work. Delta Work merupakan salah satu proyek raksasa pembangunan tanggul yang mengesankan di dunia, dengan sistem hidrolik yang meningkatkan sistem keseimbangan air melindungi Belanda dari badai, banjir dan permukaan laut yang lebih tinggi. Pembangunan Delta Work ini dilatar belakangi oleh banjir dahsyat yang pernah melanda Belanda pada tahun 1953 yang menelan korban lebih dari 1800 jiwa. Secara tidak lagsung proyek raksasa ini membentuk tata kota Belanda, kanal-kanal yang indah, jalur air yang berguna untuk transportasi, dan lain sebagainya itu merupakan kreatifitasyang sangat mengagumkan.

Membicarakan Belanda sepertinya tak henti-hentinya dengan inovasi dan kreativitas, terlalu banyak kreatifitas yang dikembangkan di negeri ini, maka patut kalau negeri dijadikan kiblat untuk berkreasi. Banyak ide berkeliaran di negeri ini untuk dijadikan inspirasi dalam berkarya. Karya-karya inovatif negeri Belanda memang sangat mengagumkan, mulai dari proyek kecil hingga proyek yang besar. Seperti koran vertikal, sepeda kargo anti polusi, perhiasan bola mata, konstruksi-konstruksi bagunan yang spektakuler dan unik, dan masih banyak lainnya. Krativitas yang sesungguhnya adalah inovasi yang tiada akhir seperti yang dilakukan oleh orang-orang belanda “the dutch”, mereka selalu berinovasi dan mencari hal baru untuk berkreasi. itulah Belanda yang penuh akan kreativitas😀

– ditulis oleh Prisca Cindy

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s