#631 Kreativitas dalam Edukasi Belanda

Daratan Kecil di Eropa Bagian Barat Laut

Walaupun dipandang sebagai suatu negara kecil, Belanda secara historis telah membawa banyak nilai budaya kepada dunia. Belanda selalu mengorientasikan diri untuk menghadapi perubahan yang terjadi, mandiri dan kompeten, serta inovatif di segala bidang keilmuan. Sebut saja mikroskop, kapal selam, termometer raksa, jam pendulum, dan compact disc. Benda-benda tersebut merupakan contoh inovasi-inovasi penemu Belanda yang merubah kehidupan masyarakat dunia menjadi selangkah lebih maju.

Gambar diambil dari http://www.tenthousandvillagesid.com/holland-country-of-history-culture-and-entertaining/

Inovasi dan Kreativitas Muda-mudi Belanda

“If you hear a voice within you say ‘you cannot paint,’ then by all means paint and that voice will be silenced.” — Vincent Van Gogh

Mahasiswa-mahasiswa Delft University of Technology yang diketuai oleh Rein van den Eijnde merupakan inovator Nuna5, sebuah superbus dengan kecepatan mencapai 250km/jam yang dirancang untuk bergerak dengan bertenagakan tenaga surya.

Gambar diambil dari : http://www.solarwebsite.nl/2009/06/nuna-5-onthuld/

Baru-baru ini juga, seorang ahli fisika lulusan Radboud University bernama Andre Geim telah dianugerahi penghargaan Nobel Prize atas penemuannya mengenai Graphene, material tertipis dan terkuat di dunia.

Tidak hanya dari bidang teknologi, kreativitas masyarakat Belanda dapat terlihat dari banyaknya entrepreneur muda yang membuka usaha bisnisnya sendiri. Ben Knapen, menteri perkara Eropa, menemui beberapa pengusaha muda Belanda dan mendukung penuh usaha entrepreneurship untuk meningkatkan pendapatan pasar dalam negeri dan mengembangkan bisnis di Belanda.

Salah satunya adalah Nina Poot. Wanita ini berhasil mempopulerkan merk fashion FAB di Belanda di usianya yang masih relatif muda. Klien dari FAB sudah mencakup ke unieropa dan direncanakan akan mulai memasuki London, Inggris.

Gambar diambil dari : http://www.fab.nl

Pengusaha muda lainnya yang berkesempatan bertemu dengan Ben Knapen adalah Taco Carlier. Taco melihat budaya bersepeda di Belanda sebagai suatu peluang bisnis dan kemudian mengembangkan usaha sepeda lipat yang dinamai Strida dengan nilai jual dari segi modelnya yang unik dan kenyamanan untuk dikendarai.

Gambar diambil dari http://www.strida.nl

Sistem Edukasi Belanda Pemacu Kreativitas

Akar dari budaya kreatif sudah ditanamkan di dalam edukasi Belanda sejak dulu.  Data menunjukkan bahwa pada tahun 2003, Belanda merupakan negara peringkat ketiga dengan jumlah penelitian ilmiah terbanyak di dunia. Belanda juga merupakan negara ketiga di Eropa dalam hal pembuatan paten dan inovasi terbaru.  Selain itu, 7 dari 13 Universitas di Belanda masuk ke dalam 20 peringkat universitas terbaik di UniEropa.

Pemerintah Belanda sendiri mendukung penuh edukasi Belanda terutama di bidang Research and Development. Pada tahun 2011, pemerintah menganggarkan 1,8% dari GDP untuk hal tersebut dan direncakanan akan ditingkatkan hingga 2,5% di tahun 2020.

Universitas TU Delft, bekerja sama dengan MIT, Cambridge dan Shanghai University, juga membentuk perkumpulan Young Entrepreneur Society atau disingkat YES!Delft yang membantu mahasiswa, tenaga professional, dan peneliti untuk memulai dan menjalankan suatu usaha bisnis.  YES!Delft juga bekerja sama dengan Erasmus University Rotterdam dan Leiden University membentuk Holland Program on Entrepreneurship (HERO) dengan tujuan menggabungkan semua bidang keilmuan untuk membentuk pasar Eropa yang lebih baik.

Fakta-fakta tersebut menunjukkan bahwa Belanda memiliki kualitas pendidikan dan lingkungan suportif yang sangat baik untuk memacu kreativitas muridnya dalam usaha perkembangan intelektualnya. Bagi Belanda, kreativitas merupakan budaya turun temurun tersendiri yang memacu mereka untuk berinovasi lebih demi dunia yang lebih baik.

– ditulis oleh Istiqamah Hafid

2 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

2 responses to “#631 Kreativitas dalam Edukasi Belanda

  1. mantab2… cool abis deh artikel Jeung Isti..😀
    Belanda emang penuh kreativitas dan keunikan nih.. semoga menang kompetisinya yak… ditunggu foto2nya bareng Tulip jika berangkat nanti😀

  2. rerhe

    kereenn,, penuh dengan fakta2 menarik yg baru saya ketahui. kapan ya bisa ke Belanda😛
    satu kata buat isty.. WAW🙂 saya tunggu karya-karyamu selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s