#632 Totalitas dalam Keterbatasan

“Every disadvantage has its advantage.” – Johan Cruyff

Sebuah kalimat simpel namun penuh makna tersebut keluar dari bibir seorang legenda sepakbola asal Belanda, Johan Cruyff. Tampaknya, slogan tersebut juga menjadi prinsip tanah kelahirannya itu untuk terus berinovasi sekalipun memiliki beragam keterbatasan.

Sudah bukan rahasia lagi jika Belanda dikenal sebagai bangsa yang kreatif, inovatif, dan unik. Padahal, jika dilihat dari segi ‘fisiknya’, negara yang satu ini punya beberapa kekurangan otentik, lho! Bila diartikan secara harfiah sesuai kamus bahasa Belanda, kata ‘Nederland’ itu sendiri memiliki arti ‘tanah yang rendah’. [1] Dan kenyataannya, 2/3 bagian dataran Belanda memang berada di bawah permukaan laut dan sama sekali tak memiliki pegunungan. Luasnya pun hanya mencapai 0,008% dari permukaan bumi. Sungguh sangat kontras dibandingkan dengan kondisi kepadatan penduduknya yang cukup tinggi. [2]

Lalu, mengapa Belanda bisa menjadi salah satu negara terbaik dunia meskipun memiliki berbagai macam kekurangan fisik? Tampaknya, kelemahan itulah yang justru dijadikan inspirasi masyarakatnya untuk terus berpikir kritis lalu menciptakan berbagai inovasi kreatif yang pada akhirnya akan membuat dunia terpukau.  Bangsa belanda memilih untuk menemukan solusi terbaik ketimbang meratapi kelemahan mereka. Segala kekurangan tersebut justru memunculkan pribadi-pribadi yang tangguh, tekun, dan disiplin. Salah satu contohnya adalah permasalahan perairan yang justru menjadikan masyarakat Belanda piawai mengelola air. Sebuah tanggul yang membentang sepanjang The Great Wall China menjadi salah satu catatan prestasi terhebat yang pernah diciptakan oleh bangsa Belanda. [3]

Sebagian besar masyarakatnya juga dikenal sebagai sosok yang suka bekerja keras dan sangat menghargai waktu. Saat musim panas tiba, sekelompok orang-orang tampak asyik berkumpul di sudut-sudut kafe. Tentunya, mereka berkumpul bukan untuk bergosip, melainkan membicarakan hal-hal logis serta memperdebatkan aneka isu terkini. Beberapa di antara mereka juga ada yang memilih menyendiri, namun bukan untuk melamun, melainkan untuk membaca buku.

Tak hanya itu, masyarakat Belanda juga sangat menghargai waktu. Mereka tak akan mau membuang waktunya untuk melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat. Ketikaweekdays, mereka akan bekerja keras penuh totalitas. Sebaliknya, saat weekend tiba, masyarakat Belanda akan menikmati dan memanfaatkan hari libur dengan sebaik-baiknya.

Sebagai salah satu negara yang terkenal akan keberagaman kulturnya, masyarakat Belanda juga sangat terbuka dengan dunia luar. Walaupun memiliki bahasanya sendiri, penduduk Belanda juga punya kemampuan berinteraksi yang cukup baik dengan orang asing. Jika masyarakat Perancis tak terlalu suka menggunakan bahasa inggris, sebagian besar penduduk Belanda justru tak merasa keberatan menanggapi pernyataan yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Namun, ketika mendapati orang non-Belanda yang bisa berbicara Dutch, mereka akan  lebih menghargainya.

Rupanya, hal-hal itulah yang menjadikan Belanda sebagai salah satu negara terbaik dunia, sekalipun memiliki berbagai macam kekurangan. Kelemahan demi kelemahan yang ada, tak membuat masyarakatnya berputus asa, melainkan malah terus bergerak menciptakan beragam inovasi kreatif yang tak hanya berguna bagi negaranya saja namun juga dijadikan inspirasi bagi negara lain. Sikap positif mereka itulah yang tentunya bisa dijadilan acuan untuk tetap melakukan yang terbaik walaupun dilanda banyak rintangan hidup. Segala kekurangan diri tentunya bukan untuk diratapi, namun justru dijadikan motivasi untuk terus berusaha keras.

If a very small nation with tons of weakness like Nederland can create those extraordinary things, then we can surely make it too, even better!

– ditulis oleh Rizka Azizah

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s