#634 Resep 5k + 1i Milik Belanda

Poster penyemangat dari STUNED

Poster di atas sering banget gue lihat. Soalnya, gue tempel poster dari Stuned yang isinya kalimat magic itu di kamar kostan gue, bahkan samping-sampingan sama tempat tidur. Bangun tidur lihat, lagi belajar lihat, mau tidur pun lihat lagi poster itu. Untungnya, gue engga sampai nulis status gue “in a relationship with poster inovasi”. Karena gue pengen banget belajar di Belanda, jadi noni Belanda asli, pakai payung orange jalan-jalan di Keukenhof

ImageTaman Keukenhof di Lisse Belanda. Pemandangannya bikin galau ya :’)

By the way, kan kalau mau membuat sepenggal tulisan yang baik dibutuhkan rumus 5w+1h, nah kalau Belanda sesuatu karena resep 5k+1i”nya:

1. karnaval

karnaval perayaan ultah Ratu Beatrix di Maastricht, harus kreatif memlih tema pakaian yang akan dipakai nih :D

2.kebebasan

WARNING: yang belum 18+ jangan ngaku umurnya segitu :p ini namanya Red Light District, adanya di Amsterdam

3. keju

Roda Keju Gouda di Pasar Keju Gouda!

4. kincir angin

Mesin yang menjadi icon Belanda  sampai saat ini

5. kreatifitas

Super gaul nih konsep dari Mister Hemel Zeph, konsep kota kreatif pertama di dunia lho!

Seluruh 5K di atas happen karena inovasi! Menelisik poin ke-empat (kincir angin), sekitar abad ke-13 Belanda sudah one step forward! Berawal dari sebagian besar daratan Belanda yang berada di bawah permukaan air laut, mereka pun mengeringkan daratannya dengan kincir angin. Engga sampai di situ saja, setiap tahun mereka pasti melahirkan inovasi terbaru. Tahun ini ada mobil terbang dan lampu LED melayang. Kalau menurut gue, Orang Belanda itu ibaratnya pengusaha, selalu haus inovasi!

Namun ternyata, kehausan akan inovasi engga cuma dirasakan oleh kaum ilmuwan lho. Pekerja seni  maupun mahasiswa juga berlomba-lomba untuk berinovasi. Inovasi yang dilakukan oleh orang Belanda itu berasal dari pemikiran kreatif mereka yang berhasil diolah menjadi sesuatu yang baru. Kalau di Indonesia, kita masih terjebak dalam stereotype yang mengatakan bahwa kreatif adalah hal yang sulit didapatkan, karena berasal dari orang tua. Padahal…

Creativity is a habit, not genetic.

Orang yang kreatif itu mampu membuka diri dan bersikap open minded terhadap apa yang ia lihat, dengar dan rasakan. Semua orang punya potensi untuk kreatif, jadi tinggal diasah saja. Inilah budaya yang dianut oleh orang Belanda. Selain itu, orang Belanda pun menyadari  hubungan antara science dan inovasi.  Science adalah transfer uang ke ilmu, sedangkan inovasi adalah sebaliknya, dari ilmu menghasilkan uang. Ini terbukti dengan aksi pemerintah Belanda yang sangatconcern pada pendidikan di negaranya. Mereka memicu masyarakat Belanda untuk lebih kreatif, salah satunya adalah dengan cara mencontohkan kreativitas Belanda dalam membuat perpustakaan!

Dari video di atas, kita bisa melihat bahwa perpustakaan di Desa Waseenar tidak seperti perpustakaan pada umumnya. Di sana ada rak yang men-display DVD dan majalah playboy, serta ada bioskop dan bahkan ada cafe di dalam perpustakaan. Dengan fasilitas seperti itu, pelajar di Belanda pasti senang banget ke perpustakaan.

Yuk belajar ke Belanda, dan cicipi resep 5k+1 milik Belanda! :)

– ditulis oleh Andini Ibrahim

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#634 Resep 5k + 1i Milik Belanda

  1. Benar-benar memang Belanda menjadi impian terbesar saya untuk kuliah. Kapan ya? Aku sekarang menjadi pemimpi, tapi bermimpiku ketika sedang sadar bukan sedang tidak sadar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s