#635 Kalender Ulang Tahun Khas Belanda

Aku menulis tulisan ini karena terinspirasi dengan seorang dosen ketika bercerita tentang kehidupan dan budaya orang Belanda. Ternyata ulang tahun (verjaardag) merupakan hal yang penting bagi orang Belanda. bagi mereka mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman, tetangga, atau saudara yang merayakan adalah sebuah keharusan.Yang diberi ucapan selamat bukan hanya yang ulang tahun saja, melainkan juga relasinya misal orang tua, adik, kakak, bahkan tetangganya.

“selamat ulang tahun untuk anakmu ya” “selamat ulang tahun untuk saudaramu ya”. Begitulah kira-kira cuplikan ucapan selamatnya. selain itu, memberi kado  kepada yang berulang tahun juga merupakan hal yang penting, apapun kadonya.

Bagaimana orang belanda mengingat hari ulang tahun saudara atau temannya ??

Terkait dengan hal itu, orang belanda mempunyai kreativitas yang unik dibanding dengan bangsa lain. Jika kamu berkunjung ke Belanda, coba perhatikan kamar mandi di dalam rumah orang belanda ! Dari balik pintu kamar mandi atau diatas tisu kamar mandi kamu akan mendapati sebuah kalender. Kalender ini terbuat dari sebuah kertas dengan hiasan menarik yang berisi daftar tanggal dan bulan ulang tahun dari nama-nama teman dan saudara mereka. Itulah yang orang Belanda sebut sebagaiverjaardagkalender (1), dalam bahasa Indonesia berarti Kalender Ulang Tahun.

Ya, dengan kalender ulang tahun yang ditempatkan di dalam kamar mandi orang Belanda mengingat hari ulang tahun teman maupun saudaranya. sambil “pup” sambil keingat siapa yang ulang tahun dihari tersebut hehehe. Kebayangkan gimana praktis dan efisiennya !? :)

– ditulis oleh Pandu Kusumawardhana

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s