#639 3 Kata untuk Belanda sebagai Negara Tujuan Pelajar: Cerdas, Unik, dan Kreatif

Dunia pendidikan di Belanda tidak pernah surut peminat yang datang dari berbagai belahan dunia. Setiap tahunnya Belanda menampung cukup banyak pelajar asing untuk bersekolah di berbagai sekolah terkemuka di sana. Banyak alasan mengapa orang berbondong-bondong datang ke negeri kincir angin tersebut untuk menuntut ilmu. Tiga alasan utamanya adalah karena adalah negara Belanda merupakan gudangnya orang-orang cerdas, Belanda negara yang khas dan unik, serta negeri Belanda penuh dengan kreativitas.

Belanda penuh dengan orang-orang yang cerdas. Siapa yang tak ingin bersekolah di sebuah negara yang banyak mengundang decak kagum karena orang-orangya yang mampu membangun negeri di bawah muka air laut? Siapa pula yang tak ingin menuntut ilmu di negeri yang selalu melahirkan orang-orang dengan karya hebat seperti Cornelius van Drebbel ( tokoh penemu kapal selam ), Antony van Leeuwenhoek (tokoh penemu lensa) , Hans Lippershey (tokoh penemu teleskop) dan juga Zacharies Janssen (tokoh penemu mikroskop). Beberapa tokoh tersebut merupakan tokoh yang menginspirasi bagi kaum muda untuk dapat belajar lebih banyak agar nantinya mampu menghasilkan suatu karya yang luar biasa yang berguna bagi banyak orang.

Belanda adalah negara yang unik dan khas. Disebut unik dan khas karena negeri tersebut memiliki suatu keistimewaan yang berbeda dari negara lain dan hanya terdapat di negara tersebut. Salah satu keunikan negeri Belanda adalah karena Belanda merupakan satu-satunya negara di dunia hampir keseluruhan daratannya yang berada di bawah permukaan air laut. Dengan adanya keunikan tersebut orang menjadi penasaran dan ingin menggali ilmu lebih banyak dengan orang-orang yang berkompeten di Belanda. Selain itu tentunya orang sudah banyak yang tahu tentang keunikan atau kekhasan yang lain yang ada di daratan Belanda yaitu keberadaan kincir angin raksasa yang selalu berputar sepanjang waktu serta bunga-bunga tulip yang bermekaran di kala musim semi tiba. Semua keunikan tersebut membuat pelajar-pelajar asing menjadi betah dan nyaman berada di negeri Belanda.

Kreativitas tanpa batas untuk menunjukkan totalitas. Kata-kata tersebut sangat tepat untuk disematkan pada orang-orang Belanda. Belanda sangat menyadari pentingnya pendidikan. Hasilnya, Belanda meraih peringkat 8 sebagai negara yang memiliki kualitas pendidikan yang baik. Ini disebabkan karena sistem pendidikan di Belanda yang baik tentunya. Orang-orang di Belanda sangat kreatif, ulet dan rajin untuk menemukan teknologi baru dan canggih yang mampu mencengangkan masyarakat dunia. Belanda memfokuskan sistem pendidikannya menjadi dua yaitu Hogeschool yang lebih kearah praktik dan pendidikan di Universiteit (universitas) yang lebih kearah teori dan riset. Dengan adanya dua fokus pendidikan tersebut, maka banyak pelajar yang tertarik menggali ilmu di Belanda karena tentunya mereka akan lebih mudah fokus pada hal yang ingin mereka lakukan sehingga akan menghasilkan suatu karya penuh kreativitas yang maksimal.

Cerdas, unik dan kreatif. Itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan negeri Belanda bagi orang-orang yang tertarik untuk mendalami dunia pendidikan di negeri Belanda. Satu hal yang tidak boleh dilewatkan bagi pelajar asing yang ingin menuntut ilmu di sana adalah “be yourself” atau tetaplah menjadi diri sendiri dengan jati diri bangsamu karena bagaimanapun cintanya dirimu di negeri tempatmu menuntut ilmu, jangan pernah mencoba melupakan tanah kelahiranmu.

– ditulis oleh Margareta N. Arlita

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s