#640 Creative Green City Tidak Hanya Unik dan Indah Melainkan Juga Merupakan Jawaban dari Berbagai Tantangan

Untuk mewujudkan sebuah kota yang memiliki kenyamanan tingkat tinggi bagi warganya dibutuhkan suatu konsep kota yang sangat komperhensif dan integrasi dari berbagai faktor penting seperti pengaturan ruang, penyediaan lahan terbuka, tata pengaturan bangunan, sistem sanitasi dan lain sebagainya. Untuk mewujudkan tatanan sebuah kota yang ideal, dibutuhkan sebuah kemampuan cerdas yang menjelma menjadi kreatifitas dalam mengelola sumber daya yang ada sekaligus menciptakan additional value yang dibutuhkan. Tentu dalam hal ini teknologi lagi-lagi memiliki peran yang sangat signifikan dalam perwujudan sebuah kota yang ideal yang tidak hanya memperhatikan pemenuhan kebutuhan para penghuninya tetapi juga kesadaran akan lingkungan. Karena kota sekalipun tak bisa lepas dari masalah sampah, limbah, polusi udara, dan emisi CO2 karena faktor manusia akibat jumlah penduduk dengan aktifitasnya. Teknologi dengan sentuhan kreatifitas baik kreatifitas dalam implementasi teknologi itu sendiri, maupun kreatifitas dalam penampilan fisik akan membuat tampilan sebuah kota tidak hanya indah melainkan jugaenvironmentally friendly.

Belanda, sang negeri kincir angin, lagi-lagi membuktikan kemampuannya dalam berkreasi menciptakan kota-kota ideal di negerinya. Proyek “European Green City Index” telah menetapkan Amsterdam yang menjadi kota terhijau ke-5 mengungguli Paris dan London berdasarkan parameter emisi CO2, konsumsi energi, persentase energi terbarukan yang dipakai oleh masyarakat kota, faktor transportasi, pengolahan sampah dan penggunaan lahan, ketersediaan air bersih, bangunan, kualitas udara, dan kebijakan pemerintah.

Perwujudan kota Amsterdam sebagai kota terhijau ke-5 di daratan Eropa yang rata-rata merupakan negara maju tentu menjadi prestasi tersendiri. Ada kerja keras dan cerdas dibalik tercapainya Amsterdam sebagai kota hijau. Tentunya perwujudan ini juga disebabkan adanya kreatifitas tingkat tinggi yang mengkombinasikan faktor manajemen lingkungan dan integrasi berbagai teknologi dengan baik. Yang patut diacungi jempol adalah kondisi Belanda yang memiliki faktor keterbatasan alam dengan 26% wilayahnya berada di bawah permukaan air laut justru mampu menunjukan prestasi nyata.

Profil Amsterdam Ketika Siang Hari

Profil Amsterdam Ketika Siang Hari

Profil Amsterdam ketika malam hari

Profil Amsterdam ketika malam hari

Meskipun Amsterdam merupakan kota paling maju di Belanda, profil kota lainnya tidak kalah menarik. Perpaduan teknologi canggih dalam ramuan kreatifitas, inovasi, dan estetika membuat kota-kota di Belanda memiliki daya tarik yang sangat tinggi. Kota-kota lain seperti Rotterdam, The Hague, Utrecht, dan lain-lain pun memiliki kreatifitas tingkat tinggi dalam mengelola kotanya. Mereka berusaha menjadi creative green city.

Profil Kota Rotterdam

Satu Sudut Kota Rotterdam

Profil Kota Lainnya di Belanda

Profil Kota The Hague dan Utrecht

Creative green city tak hanya berbicara soal keindahan, keterpaduan tata lingkungan kota melainkan juga integrasi berbagai faktor terkait.Creative green city merupakan sebuah langkah awal perpaduan keteraturan teknologi pembangunan dan pengelolaan kota yang ramah lingkungan dan juga menjadi sebuah aksi nyata menghadapi fenomena perubahan iklim. Dampak perubahan iklim yang berbuntut pada kenaikan permukaan air laut akan menyebabkan masalah yang sangat fatal bagi Belanda yang memiliki vulnerabilitas cukup tinggi terhadap kenaikan permukaan air laut.

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh TU Delft, kemungkinan perubahan iklim akan menyebabkan kenaikan permukaan air laut setinggi 65 cm. dalam menanggapi hal ini, perancangan green city yang merupakan aksi adaptasi perubahan iklim sudah merupakan opsi yang tidak bisa dielakkan.

Perkiraan profil Belanda pada tahun 2100 dengan kenaikan permukaan air laut setinggi 65 cm

Perkiraan profil Belanda pada tahun 2100 dengan kenaikan permukaan air laut setinggi 65 cm

Netherland forecast

(a) Profil Belanda saat ini, (b) Profil Belanda dengan kenaikan permukaan air laut sebesar 1,5 m. (c) Profil Belanda dengan kenaikan permukaan air laut sebesar 6 m.

Salah satu solusi kreatif yang dimiliki Belanda adalah floating citydianggap cukup menjanjikan dan kini telah dapat diwujudkan secara nyata. Di beberapa kota seperti yang ditunjukan pada gambar telah ada projek floating city yang sampai kini perkembangannya terus dilakukan. Di masa depan nanti, green creative city yang lahir dari kebutuhan dan juga pemikiran kreatif manusia akan menjadi satu pemandangan yang tidak aneh.

City with existing floating city project

Kota yang memiliki proyek pengembangen floating city

Floating City yang ada di Belanda sekarang

Floating City yang ada di Belanda sekarang

Floating City yang sedang direncanakan

Konsep Floating City yang dikembangkan oleh TU Delft

– ditulis oleh Iin Parlina

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s