#645 Floriade, dimana Kita Bisa Melihat Dunia Perkebunan Jadi Begitu Menyenangkan

Mungkin banyak kawan yang belum tau apa itu Floriade. Penulis saja sempat menyangka kalau Floriade ini sama dengan Florida (alias nama salah satu kota di Amerika Serikat). Tapi setelah di CEK and RICEK ternyata FLORIADE itu merupakan sebuah “World Holticultural Expo”. Denger World Expo kayaknya wah banget, mengingat Belanda bukan termasuk Negara Agraris, agak miris sih ngedengernya secara Indonesia merupakan Negara Agraris tapi belum bisa mengadakan even internasional sebesar Floriade. Tapi mari kita lupakan itu dulu sejenak, mari kita kembali menyelami dunia per-FLORIADE-an.

Floariade ini merupakan sebuah event 10 tahunan, jadi kalau udah kelewatan sekali kita harus sabar nunggu 10 tahun lagi. Tapi beruntungnya tahun ini merupakan tahun penyelenggaraan Floriade yang ke-6. Dan untungnya even ini masih berlangsung sampai saat ini, karena Floriade ini berlangsung dari 5 April – 7 Oktober 2012 di kota Venlo.

Pergelaran tahun ini mengusung tema “Be part of the theatre in nature; get closer to the quality of life”
Jadi bisa kita bayangkan dong, bakal ada beragam pertunjukan dari Teater Perkebunan yang nggak pernah lihat dan bayangkan sebelumnya. Inilah salah satu bentuk dari kehausan akan ide baru dalam dunia perkebunan yang dilahirkan oleh masyarakat Belanda.

Di Floriade 2012 terdapat 5 buah area taman dengan tema yang berbeda. Tapi ada satu area taman di RELAX & HEAL area yang membuat penulis begitu EXCITED. Salah satu pavilionnya yang bernama “Home of Health and Happiness” terlihat begitu sehat dan menenangkan. Coba bayangkan kalau kita tinggal di rumah yang begitu hijau dan segalanya terbuat dari tanaman.

Ada banyak tanaman herbal begitu juga tanaman bumbu di rumah ini, jadi sebelum masak kita bisa langsung petik deh itu bumbu-bumbuan yang kita butuhkan. Mau tidur-tiduran santai bisa tidur di kursi malas yang diselimuti oleh rumput halus, jadi kita bisa tidur sembari merasakan refleksi dari rumput-rumput tersebut.

Jadi bisa kita bayangkan bagaimana sebuah ide bisa tercipta hanya dari hal-hal simple yang ada di keseharian kita. Tapi yang bikin TERPUKAU adalah ide membawa masuk tanaman-tanaman dari kebun yang outdoor ke dalam rumah. Jadilah rumah kita Taman Indoor. Ide ini sebenarnya ingin mengajak kita untuk mendukung hidup hijau dan sehat yang terinspirasi oleh alam tanpa melupakan segi Estetika dan Arsitekturnya. Semua ide ini diusung oleh “Home of Health and Happiness” dengan mengambil konsep ‘living nature’ .

Selain itu di sana juga terdapat RABO EARTHWALK di area taman ENVIRONMENT, Rabo Earthwalk ini berbentuk seperti belahan bola dunia. Rabo Earthwalk merupakan pavilion yang akan menampilkan atraksi berupa film untuk memberikan pengunjung pengetahuan tentang segala aspek alam di sekitar kita. Selain itu di sini juga terdapat glocalizers. Apa itu glocalizers??? Cek disini….

Jadi nggak sabar pengen berkunjung Floriade 2012 di Venlo. Pengen coba tidur-tidurn di kursi malasnya Home of Health and Happines, pengen nyobain masak di dapurnya Home of Health and Happines, wahhh Pokoknya jadi pengen semuanya deh.

WISH ME LUCK!! buat berkunjung ke Floriade di Venlo tahun ini. Dan terus dukung IDE-IDE gila para kreatif dari Negeri Kincir Angin….

– ditulis oleh Zulaikha S. Anisah

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s