#655 Jalan Pintas itu Annamox

Ini sungai atau padang alga? Pasalnya enceng gondok tumbuh subur di permukaannya. Belum lagi baunya. Hadeuw, bikin tangan gatal menutup hidung. Kabarnya semua ini indikasi adanya pencemaran air. Ketidakseimbangan alam akibat penggunaan senyawa kimia yang tidak terurai kembali secara sempurna seperti senjata makan tuan. Begitu aku menyebutnya. Ulah manusia pasti dampaknya akan kembali pada manusia pula. Sayangnya jika kita bicara tentang pencemaran air tentu akibatnya menjadi lebih komplek dan luas.

Profesor Mark van Loosdrecht, seorang profesor di Departemen Bioteknologi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Terapan, Delft University of Technology Belanda menjawab permasalahan global ini. Beliau mempelopori inovasi pengolahan air limbah untuk menghilangkan amonia. Nitrogen, dalam bentuk amonia, merupakan sumber utama polusi dalam air limbah. Teknologi baru dengan menggunakan Annamox (Anaerobic Ammonium Oxidation) merupakan penemuan yang luar biasa. Tak diragukan lagi apabila Profesor Mark van Loosdrecht menerima penghargaan Lee Kuan Yew Water Prize 2012. Sebuah penghargaan internasional untuk mengakui kontribusi luar biasa dalam memecahkan masalah air secara global.

 sumber: http://www.mpi-bremen.de/

“Effectively, it is a short-cut”, begitu ucap sang professor. Dan jalan pintas itu adalah anammox. Anammox adalah sekelompok bakteri autotrofik yang memiliki sebuah set enzim yang unik. Energi untuk kehidupannya didapat dengan mengubah ammonia menjadi gas nitrogen yang tidak berbahaya bagi lingkungan. Pada pengolahan air limbah secara konvensional, hal ini perlu beberapa tahapan proses (lihat gambar dulu gih). Annamox bekerja dengan cara lebih efektif dengan jalan pintasnya. Cara ini membutuhkan oksigen jauh lebih sedikit dan tidak ada karbon organik. Hasilnya adalah emisi karbon dapat dikurangi hingga 90 persen dan energi listrik untuk mendukung reaksi tersebut pun dapat dikurangi hingga 60 persen. Sebuah inovasi kreatif dalam efisiensi energi.

Tak tanggung-tanggung, penemuan ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi hampir 20 tahun dari para tim ahli mikrobiologi dan insinyur di Delft University of Technology (TU Delft) dibawah pimpinan Prof van Loosdrecht. Reaktor anammox pertama kali dipasang di pabrik pengolahan air limbah Dokhaven (Rotterdam, Belanda) pada tahun 2002. Dan saat ini telah diimplementasikan di 16 perusahaan serta lebih dari 30 pengolahan air limbah sejenis di seluruh dunia. Keren kan?

Teknologi pengolahan air limbah telah dimulai kira-kira 100 tahun, namun masih ada banyak ruang untuk melakukan perbaikan, demikian ungkap Profesor Mark van Loosdrecht saat mengomentari penghargaannya. Sebuah pernyataan yang menyentil ulu hatiku. Sebagai pembelajaran kita bersama, bahwa perlu ketekunan untuk menciptakan sebuah inovasi teknologi hemat energi untuk masa depan yang lebih baik. Bahwa sedemikian sempurna teknologi saat ini selalu ada celah untuk melakukan kreatifitas demi kemaslahatan umat manusia. Laten we creatief zijn!

– ditulis oleh Fitria Asih N.

2 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

2 responses to “#655 Jalan Pintas itu Annamox

  1. Fa

    thanks Anet, next year i’ll try again insyaAllah…🙂

  2. sannov

    interesting….u could be the winner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s