#661 Tic Toc the Clog

Yeah! akhir-akhir ini saya sedang disibukkan dengan bisnis kecil-kecilan saya bersama teman-teman yakni bisnis sepatu Klastik dengan kombinasi kain tradisional Indonesia. Bagi yang belum tahu atau belum lihat koleksi sepatunya, with my pleasure I’ll show you the link of our webstore. Just kindly click this —> http://www.klastikfootwear.com.

For some people, shoes are heaven. For some people, shoes are passion. For some people like me, exactly yes!. Yes, I love shoes. No matter what. I just love how shoes can cover our feet beautifully. Apalagi sekarang banyak banget jenis sepatu. Salah satu model sepatu yang sedang saya gemari adalah model clog dimana alas kakinya atau sol-nya terbuat dari kayu. Cute, unique, and…. What else?.

Hingga saya menyadari, ternyata oh ternyata, sepatu clog sebenarnya berasal dari (lagi-lagi) Belanda. Clog merupakan salah satu barang tradisional milik Belanda yang masih termasyur hingga sekarang. Clog bahkan dikenal sejak tahun 1270 M. Menurut teman saya yang sudah pernah berkunjung ke Belanda, tempat pembuatan sepatu clog merupakan salah satu lokasi wisata menarik. Biasanya, wisatawan yang berkunjung ke Belanda juga akan ditunjukkan cara pembuatannya.

Dari sebuah posting blog dengan alamat berikut (www.gunaryadi.blogsome.com), diketahui bahwa proses pembuatan clog dimulai benar-benar dari kayu glondongan. Dimana kayu tersebut akan dipotong menyerupai bentuk lonjong panjang. Setelah itu, sepatu tersebut akan diberi lubang dibagian tengah sebagai tempat masuk kaki. Biasanya, ujung sepatu clog diberi aksen unik, seperti lengkungan-lengkungan yang lucu. Kemudian, clog dari kayu tersebut akan di cat dan di vernis.

 this is Dutch clog, everyone

 and this is the giant version of Dutch clog. cute.

Saya secara pribadi memang sangat menyenangi segala sesuatu yang unik dan tradisional. Melihat begitu gigihnya Belanda mempertahankan bentuk unik clog yang masih lestari hingga sekarang, membuat saya ingin berkunjung ke negeri kincir angin dan tulip tersebut. Saya mendengar banyaknya energi kreatif Belanda yang dimulai dari industri fesyen, desain, hingga arsitekur. Bahkan, desain sepatu clog miliki Belanda pun banyak diadaptasi oleh produsen sepatu di seluruh dunia.

Banyak merek sepatu multinasional yang mendesain sepatu jenis clog yang jauh lebih moderen. Biasanya sepatu clog moderen didesain dengan alas kayu namun dengan bagian kulit diatas. Sepatu jenis clog sangat digemari perempuan di tahun 2012 ini, karena bentuknya yang cenderung vintage membuat banyak perempuan memilih sepatu jenis clog.

 clog by Chanel

 clog by Stuart Wetzmen

 clog by Maguba

Di Belanda sendiri, masih banyak sekali pengrajin sepatu clog yang dapat ditemukan. Bahkan pengrajin sepatu di Belanda tidak merubah bentukan sepatu clog hingga sekarang karena menurut mereka sepatu clog Belanda merupakan identitas Belanda yang merepresentasikan Belanda sebagai negara yang kuat dan hemat (nah, saya juga kurang paham dibagian mana representasi hematnya?) :p

 what a very berry cutes!

Yang Jelas, dua artikel saya tentang Belanda membuat saya really impressed with Dutch. Since I want to see so many great products and art things there. I am sure and I promise I want to go there (someday). Satu hal yang ingin saya buktikan ketika saya bisa berkunjung di Belanda nanti, is that true that Dutch’s clog can be used by a person ?? hehe I’ve been curious since a long long time.

– ditulis oleh Tyas Nastiti

4 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

4 responses to “#661 Tic Toc the Clog

  1. adisty

    Wah keren ya, clog jaman sekarang ternyata dr belanda asalnya. Sukses dan semoga bisa lihat clog sesungguhnya di belanda🙂

  2. thank you so much Irsyadiryenal🙂
    and Afdil, really nice pray, hope that as well. thankyou

  3. creative writing…magnificent….hehehe

  4. I hope your clog bring you go to dutch ..

Tinggalkan Balasan

