#667 Think Holland, Think Big!

Kreativitas tanpa batas. Kunci kesuksesan adalah visioner, konsisten, dan beda. Visi, sebagai wujud cita-cita jangka panjang, sedangkan konsisten adalah sifat yang menjaga agar nilai-nilai visi bisa terlaksana seiring dari target/ sasaran yang ingin dicapai. Beda mewakili inovasi. Dalam teori pemasaran berlaku hukum sukses, jadilah yang terbaik, jika tidak bisa jadilah yang paling beda. Belanda mewakili jargon kesuksesan masa depan, kreativitas tanpa batas! Bukan tanpa alasan saya menyimpulkannya, tetapi bukti-bukti kesuksesan di Belanda begitu menginspirasi sehingga menjadikannya negeri tujuan wisata dan edukasi yang pertumbuhannya menigkat dari tahun ke tahun.

Kincir Angin: Kreativitas luar biasa
Bagaimanakah rasanya tinggal di permukaan air? Bayangkan akses transportasi yang terbatas, kecepatan yang terbatas, dan mungkin kemajuan yang akan dicapai terbatas karena permasalahan-permasalahan teknis akan membuat kita sibuk. Tapi apa yang dilakukan oleh Bangsa Belanda yang menyadari bahwa sebagian besar wilayahnya berada di bawah permukaan air laut?

Keringkan dengan Kincir angin, jawabannya!
Netherlands sendiri berarti tanah yang rendah. Sebagian besar wilayahnya merupakan laut yang dikeringkan. Seperlima dari wilayah Belanda terdiri atas air dan lebih dari separuhnya merupakan daratan yang lebih rendah dari permukaan laut. Cara Belanda memperluas daratannya adalah mengeringkan air laut dengan membuat tanggul-tanggul buatan dan pintu – pintu air dengan menggunakan pompa yang digerakkan melalui kincir angin, air laut dikeluarkan sehingga menjadi daratan yang dapat dipergunakan untuk pemukiman dan lahan pertanian. Inilah bukti nyata bahwa kincir angin sangat penting bagi Belanda untuk menghidupkan bangsanya dan juga memajukannya hingga bisa mencapai kemajuan diberbagai bidang.
Luar biasa sekali dengan keterbatasan meraka, Bangsa Belanda mampu menggunakan kreativitasnya untuk menyelesaikan masalah luas wilayah, bahkan menambah daya pikat Belanda dengan julukannya, Negeri Kincir Angin.

Tuntutlah ilmu sampai ke Eropa, khususnya Belanda
Riset adalah kunci kesuksesan dunia edukasi dan negara. Maka tidak heran Belanda menawarkan program pendidikan tinggi berbasis riset yang sangat banyak dan lima universitas riset Belanda masuk dalam 100 besar dalam daftar yang dikeluarkan oleh Times Higher Education, peringkat Reputasi ini didasarkan pada hasil analisa 31,000 akademisi dari 149 negara. Selain itu, bahasa pengantar yang digunakan di universitas-universitas Belanda, mayoritas adalah Bahasa Inggris dan Belanda adalah negara yang menawarkan program dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris terbanyak di Eropa. Tentunya ini sangat menambah daya tarik Belanda untuk menjadi tujuan pendidikan, selain wisata tentunya. Riset ini juga yang mengantarkan Belanda menjadi ahli di bidang water management, agrifood and life sciences.

Seni
Menjadi ciri khas negara Eropa, seni tidak terpisahkan dari Belanda. Cita rasa seni yang tinggi memicu kreativitas mereka menemukan inovasi-inovasi yang tiada tara di dunia. Di bidang arsitektur, Belanda terkenal dengan combinasi cutting-edge design dan teknologi. Di bidang Fashion, perancang busana Belanda, Jan Taminiau, merancang busana yang digunakan oleh Lady Gaga.
Taman di kota sebagai wujud perhatian pemerinah terhadap kesehatan dan ruang publik, terhampar luas di Belanda, beberapa taman kota antara lain: Amstelpark, Sharphatipark, Vondelpark, Westerpark, Flevopark, dll yang membuat piknik di taman Belanda menjadi hal tersendiri yang unik dan berkesan.

Think Holland, Think Big: Negara kecil dengan segudang prestasi. Pengembangan Pendidikan Tinggi, Keindahan seni dan penghargaan budaya bergabung dengan cita rasa teknologi dan science. Great!!

– ditulis oleh Eny Rofiatul

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s