#677 Penghargaan Seni dari Masa ke Masa

Nieuwe Meesters, dua kata asing yang tertulis di bagian dalam seragam bola tandang Belanda untuk perhelatan Piala Eropa 2012 nanti. Dalam website resmi Nike dijelaskan bahwa kata itu berarti “New Masters” yang dituliskan sebagai penghormatan untuk kreativitas dan kerajinan seniman Belanda abad ke-17 seperti Rembrandt dan Vermeer, sekaligus untuk mengakui bakat dan potensi dari tim sepakbola Belanda saat ini. Rembrandt dan Vermeer adalah seniman yang hidup dalam masa keemasan dalam bidang seni di Belanda. Karya-karyanya menunjukkan kehidupan dan budaya di Belanda pada abad ke-17.

Mungkin hanya dua kata yang tertulis dalam seragam tersebut, tapi ada banyak makna yang terkandung di dalamnya. Hingga kini penduduk Belanda masih sangat menghormati dan menghargai karya-karya seni sang maestro yang pernah dimilikinya. Hal ini juga terlihat dari begitu banyaknya museum dan galeri seni yang tersebar di penjuru negeri kincir angin. Museum seni di Belanda dapat dikatakan tidak biasa, arsitektur dari bangunannya benar-benar dibuat sesuai dengan cita rasa masa lalu, lagi-lagi merupakan sebuah penghargaan untuk kejayaan seni Belanda di masa lampau.

Berdasarkan data, di Amsterdam terdapat sekitar lima puluh museum. Beberapa museum seni terkenal yang ada di Belanda adalah Rijksmuseum Amsterdam dan Van Gogh Museum.

Museum seni di Belanda dapat dikatakan tidak biasa, arsitektur dari bangunannya benar-benar dibuat sesuai dengan cita rasa masa lalu yang menarik perhatian. Salah satu musem yang menarik adalah Mauritshuis Museum. Museum ini menyimpan masterpiece dari dua seniman yang sudah disebutkan sebelumnya, lukisan Girl With Pearl Earring karya Vermeer dan The Anatomy Lesson of Dr. Nicolaes Tulp karya Vembrandt. Jadi, apa yang membuat museum ini tetap menarik hingga saat ini? Faktanya museum di Belanda benar-benar memberikan fasilitas yang nyaman bagi pengunjungnya. Galeri museum yang memanjakan mata, peralatan-peralatan canggih yang terdapat di museum, bahkan café atau place of interest lain disediakan di museum seni. Tentu hal ini akan menarik minat pengunjung dengan kenyamanan yang ditawarkan, bahkan bagi kalangan yang bukan penikmat seni sekalipun. Pihak museum juga kerap melaksanakan pameran dan eksibisi untuk menarik minat pengunjung lebih banyak lagi.

 Girl with a Pearl Earring

Penghargaan akan seni dan jiwa seni penduduk Belanda sepertinya tidak pernah menurun dari berabad-abad yang lalu. Di masa lalu Belanda pernah mengalami kejayaan dalam bidang seni lukis atau yang lebih dikenal dengan Dutch golden age painting. Masa itu menjadi masa di mana Belanda menjadi yang paling diakui di dunia dalam seni lukis. Menjadi berbeda merupakan kunci sukses para pelukis saat itu. Mereka memulai dengan melukis gambar portrait seseorang yang ternyata tarifnya berbeda tergantung dari seberapa banyak bagian tubuh model yang dilukis. Teknik melukis ini akhirnya menjadi tren di zamannya. Vermeer, yang namanya banyak disebut dalam tulisan ini terkenal dengan lukisannya yang menggunakan warna transparan, komposisi yang baik, dan pemanfaatan cahaya yang baik.

Belanda merupakan negara yang memiliki penghargaan terhadap seni yang tinggi dari zaman dahulu hingga masa sekarang. Itulah yang juga harus diterapkan di Indonesia, negara yang memiliki banyak kebudayaan. Art is the desire of a man to express himself, to record the reactions of his personality to the world he lives in.

– ditulis oleh Panji Anugrah

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s