#679 Bukan, Bukan Karena Saya Ahli..

Saat pertama kali saya melihat lomba kompetiblog 2012 yang berhadiah summer course di Utrecth yang langsung saya pikirkan adalah harus ikut lomba ini dan berdoa memenangkannya…hehehe. Why?? Kenapa saya begitu berminat pada lomba ini???. Hal ini dikarenakan dua hal, the First it’s Dutch dan the second it’s Utrecth. Ada apa dengan Belanda, Belanda adalah salah satu negara dengan sistem dan proses penengakan hukum terbaik didunia. Ini dibuktikan indeks korupsi yang sangat rendah dan proses penegakan HAM yang baik. Sedangkang Utrecth adalah salah satu universitas yang mempunyai jurusan hukum terbaik didunia. Oleh karena itu, saya harap saya dapat mengikuti salah satu kelas hukum terbaik didunia.

Mengapa saya sangat tertarik terhadap hukum??? Bukan,bukan karena saya seorang ahli hukum. Namun, akhir-akhir ini saya baru dapat mencerna arti hukum. Hukum menurut saya, sangat penting untuk dimengerti karena hukum bukan hanya bagian dari suatu kehidupan tapi hukum adalah sesuatu yang membuat kehidupan itu berjalan. Hukum juga bukan hanya merupakan suatu pembelaan bagi yang benar tapi hukum merupakan suatu bentuk keseimbangan yaitu agar yang benar tidak diambil haknya oleh yang salah dan yang benar juga tidak mendapat keuntungan yang bukan haknya. Si salah juga harus mendapat porsi yang pas atas kesalahan yang dia lakukan bukan dipojokkan maupun dibenarkan. Perkenalan saya dengan hukum dimulai ketika saya melihat hasil diskusi dari seorang alumni dari fakultas hukum asal Belanda. Dalam hasil diskusi tersebut beliau banyak menyebutkan pengalaman beliau ketika mengamati sistem hukum di Belanda. Menurut beliau hukum di Belanda khususnya dalam penanggulangan korupsi dan penegakkan HAM sangat baik bahkan termasuk salah satu yang terbaik di dunia. Penegakkan hukum yang sangat baik di Belanda bukan hanya didukung oleh keputusan pemerintah yang selalu menjunjung keindependenan dan keobjektifan suatu lembaga hukum namun juga didukung oleh integritas masyarakat terhadap undang-undang yang berlaku di negaranya.

Dalam mengurangi kasus korupsi, Belanda juga dibantu oleh organisasi Rijksrecherche. Rijksrecherche merupakan cabang dari kepolisian yang melakukan investigasi secara independen dan obyektif, serta berada langsung di bawah Jaksa Agung. Organisasi ini merupakan terobosan Belanda dalam melakukan tindakan pencegahan korupsi dimana keindependenan dan keobjektifan dari organisasi ini terus diperbaiki.Warga Belanda juga merupakan warga yang kritis dan sangat objektif sehingga selalu dapat memonitor kegiatan pemerintah dan kinerja lembaga-lembaga hukum agar hukum tetap independen dan objektif. Kekritisan dan keobjektifan warga Belanda ini juga membuat suatu ruang baru bagi banyak orang Belanda khususnya mahasiswa Belanda untuk berinovasi dalam memperbaiki berbagai hal seperti memperbaiki citra Belanda sebagai negara maju dan menjadi negara yang terus maju dalam segala hal khususnya dalam bidang hukum.

Hal ini sangat berbeda dengan kasus korupsi di Indonesia yang terkesan ribet karena proses hukum yang tidak transparan tetapi menjadi sebuah drama untuk memperkaya pencitraan tentang suatu individu, kelompok atau golongan. Sehingga, akan membentuk opini publik yang terkotak-kotak dan kadang terlalu memojokan yang salah serta mengaburkan batas kesalahan dan pembuat kesalahan utama. Untuk itulah pemerintah harus banyak belajar dari Belanda untuk melakukan inovasi dalam pemberantasan korupsi. Selain itu rakyat Indonesia harus lebih memiliki integristas dan sifat objektif dalam segala hal jika ingin melakukan terobosan dalam penegakan hukum.

– ditulis oleh Olga Mardisadora

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s