#684 Uniquely Dutch

Siapa yang tak kenal Belanda? Belanda adalah negara yang penuh dengan kreativitas dan inovasi. Orang Belanda sangat suka berinovasi dan sering berdiskusi untuk mendatangkan ide-ide baru. Selama berabad-abad, kreativitas Belanda sudah menginspirasi dan tersebar luas. Para jenius, seperti Master Rembrandts dan Van Gogh telah mengubah dunia sekitarnya. Desain Belanda juga mewujudkan inovasi, kreativitas dan segudang keterampilan bisnis.

Pada tahun 2009, nilai tambah industri kreatif di Belanda mencapai sekitar 16,9 milyar Euro, atau lebih dari 3% GDP. Industri kreatif Belanda seperti desain, arsitektur, fashion, seni pertunjukan, tari, format tv, software, dan lain-lain telah mengalami pertumbuhan yang tinggi bahkan telah merambah level global. Tercatat bahwa ekspor per tahun dari industri kreatif mencapai 7 milyar euro atau 1,7 % total ekspor Belanda.

Salah satunya terlihat dari para seniman-seniman Belanda. Banyak sekali ide-ide yang muncul dari mereka untuk membuat sebuah kreasi yang unik sehingga mendorong orang untuk melihatnya. Kreasi-kreasi tersebut bukan sekedar dibuat tanpa alasan. Dimulai dari sebuah kreasi 3D yang di buat oleh Peter Westerink dan juga rekannya di jalanan dengan membuat sebuah karya lukisan Terracotta Lego Army dalam bentuk 3D di jalanan Florida. Peter meramaikan Sarasota Chalk Festival di Florida dengan mengubah jalanan menjadi sebuah situs penggalian arkeologi hanya dengan menggunakan cat dan kapur.

Terdapat beberapa hal yang menjadi kunci mengapa industri kreatif tumbuh dengan pesat di Belanda. Pertama adalah budaya kreatif dan inovasi yang telah ditanamkan sejak dini pada pendidikan di Belanda melalui metode student-centered dan problem-based learning. Kreativitas dan inovasi merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan di Belanda. Saat proses belajar siswa di Belanda didorong untuk selalu mencari solusi kreatif dan inovatif.

Lalu yang kedua adalah karya seniman Belanda Henk Hofstra yaitu Telur Raksasa yang menandai tempat di kota Leeuwarden di Belanda. Dengan penuh inovasi Henk membuat telur-telur raksasa ini dengan diameter sebesar 7,5 meter dan kuning telur yang menonjol sebesar 2,3 meter. Belanda memiliki industri kreatif yang besar, termasuk para pelukis yang lama dan baru. Henk Hofstra adalah seniman Belanda terkenal dengan skala besar dalam proyek seni lingkungan.

Seniman-seniman Belanda tak henti-hentinya berinovasi terutama untuk membuat karya-karya seni dalam bentuk raksasa. Tengoklah Boneka Kelinci setinggi 15 Meter yang dibuat oleh seniman Belanda Florentijn Hofman di Örebro, Swedia, 2011. Karya ini masuk dalam 8 karya seni raksasa yang mengagumkan.

Jadi….. yuk belajar dari Belanda, biar kita bisa se-kreatif mereka. Indonesia juga tidak kalah kok.

– ditulis oleh Indira Widyandani

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s