#686 Fireflies Street

Brilliant mungkin adalah kata yang paling tepat untuk hasil yang telah di capai oleh Tauw dan University of Twente. Sebuah penelitiannya yang mengenai penemuan sumber energi yang dapat di perbaharui yaitu energi listrik yang di hasilkan oleh sebuah getaran yang di terjadi pada suatu jalan yang di sebabkan oleh kendaraan yang melintasi jalan tersebut. Dari hal tersebut kita dapat mengetahui bahwa banyaknya energi yang di hasilkan tergantung banyaknya kendaraan yang melintasi jalan tersebut.

Jadi, bagaimana pemanfaatan yang baik terhadap penelitian itu?

Tentu saja, penelitian tersebut di tempatkan pada pusat kota. Pusat kota merupakan tempat yang tidak akan luput oleh kendaraan, sehingga energi yang di hasilkan akan lebih terasa.

Apa saja yang dapat di manfaatkan energi yang di hasilkan tersebut?

Jumlah energi yang dihasilkan selama proyek percontohan itu terlalu kecil untuk digunakan lampu lalu lintas, tapi cukup untuk perangkat yang membutuhkan lebih sedikit energi, seperti sensor gerak nirkabel, yang mendeteksi kendaraan. Hal –hal tersebut adalah yang akan di lakukan pada pemerintahan Belanda. Tetapi hal – hal tersebut terlihat seperti tidak memanfaatkannya dengan baik. Seharusnya energi tersebut di gunakan sebaik mungkin, seperti pembuatan sistem penyimpanan energi terhadap energi yang di hasilkan.

Apa bila penelitian ini benar akan di terapkan pada pusat kota, maka kota tersebut akan menjadi pusat perhatiaan masyarakat baik lokal ataupun mancanegara. Memang telah di buktikan bahwa energi yang di hasilkan tidak banyak bahkan penerangan lampu saja tidak bisa. Tetapi jika di terapkan di pusat kota, mungkin itu cukup membuat lampu – lampu kecil yang di tempatkan di dekat alat yang dapat menghasilkan energi tersebut dengan di design sebaik mungkin agar lampu – lampu kecil itu terlihat seperti kunang – kunang (fireflies) pada malam hari. Jika hal tersebut di terapkan, maka akan menghasilkan suasana malam yang indah di pusat kota dan wisatawan baik lokal atau mancanegara pun akan berbondong – bondong untuk ke sana.

– ditulis oleh Jaya Permana

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s