#693 Clubbing: Having Fun sambil Menyelamatkan Lingkungan? Kenapa Tidak?

Clubbing kini menjadi salah satu alternatif masyarakat moderen untuk melepaskan lelah di malam hari. Namun, masih banyak masyarakat yang memandang clubbing sebelah mata. Kegiatan tersebut seringkali dianggap hanya membuang-buang waktu dan lekat dengan pergaulan yang negatif. Kini, para clubbers dapat berkicak pinggang sambil berkata “Kami menari untuk menyelamatkan bumi!”

Bagaimana bisa? Tentu saja bisa! Sebuah klub malam yang terkenal di Rotterdam telah membuktikannya. Melalui teknologi piezoelektrik, lantai dansa di klub tersebut mengkonversi energi kinetik para clubbers menjadi energi listrik. Inovasi ini merupakan tindak lanjut dari “Rotterdam Climate Initiative”. Para ilmuwan yang ada di Studio Roosegaard menyadari bahwa setiap kali kita melangkah, energi tersebut hanya terserap ke tanah dan menghilang. Mereka pun memutar otak demi menemukan cara untuk menangkap dan memanfaatkan energi tersebut. Jadilah teknologi piezoelektrik yang kini mengkonversi energi tersebut menjadi sumber energi listrik berkelanjutan.

Berbeda dengan eco-club yang telah berdiri di London, klub malam yang dibangun tahun 2008 ini tidak hanya menerapkan konsep klub yang ecologically-friendly, tapi juga memproduksi listrik sendiri dari lantai dansanya. Manager Club Watt, Michel Smitt mengatakan bahwa klubnya juga menggunakan air hujan untuk menyiram toilet, menerapkan bar non-limbah serta menjual makanan organik.

Studio Roosegaard di bawah organisasi Enviu dan Sustainable Dance Group, akan menerapkan konsep lantai dansa yang unik itu di seluruh Club Watt di Rotterdam. Mereka berharap dapat menghilangkan ketergantungan klub malam terhadap energi listrik konvensional. Sustainable Dance Club juga berniat membuat klub serupa di London dan Berlin. Untuk memprakarsai pengumpulan dana yang massif, Enviu juga melakukan pendekatan yang unik pada investor-investornya. Semua investor yang menanamkan modalnya di Enviu berpeluang untuk memenangkan Hybrid Tuk Tuk beserta sopirnya selama seminggu atau Sustainable Dance Floor untuk berpesta di rumah.

Inovasi yang telah dilakukan untuk lantai dansa di Club Watt menginspirasi kita bahwa menyelamatkan bumi bisa juga dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan. Salah satunya dengan menari atau clubbing. Bahkan kegiatan tersebut dapat pula menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

– ditulis oleh Ria Irwina S.

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s