#697 Perusahaan Belanda Memenangi Contacless Mobile Awards 2012

Menurut Wikipedia, kreativitas mempunyai arti kira-kira begini:

“the phenomenon whereby a person creates something new (a product, solution, artwork, literary work, joke, etc.) that has some kind of value”

Definisi itu cocok sekali dengan Belanda yang memang terkenal kreatif. Hal ini bahkan diamini oleh orang sekaliber Michael E Porter. Michael E Porter adalah profesor di Harvard Business School. Pada tanggal 3 Desember 2001, prof Porter memberikan kuliah umum yang berjudul “Innovation and Competitiveness: Findings on the Netherlands” di kota Hague, Belanda.

 Ket: kota Hague

Dalam kuliah itu, prof. Porter menerangkan bahwa Belanda termasuk negara yang penuh inovasi dan kreativitas. Akhirnya kreativitas itu pula yang mendukung Belanda sehingga maju. Grafik gambaran inovasi Belanda menurut prof. Porter bisa dilihat di gambar berikut:

Kita bisa melihat bahwa menurut prof. Porter, kualitas inovasi Belanda termasuk kelas atas di dunia. Ia berada di urutan 8 dunia. Bahkan Belanda berhasil mengungguli Prancis, Jerman, dan negara-negara maju Eropa lainnya yang terkenal akan kreativitasnya.

Begitu pula dalam gambar di atas kita bisa melihat bahwa jumlah paten yang dibuat oleh orang Belanda karena kreativitas mereka kira-kira 100 paten per 1 juta orang. Ini adalah jumlah yang sangat membanggakan.

Kreativitas dan inovasi yang telah ditradisikan di Belanda akan menghasilkan prestasi demi prestasi. Misalnya saja baru-baru ini perusahaan dari Belanda, Qolpac, baru saja memenangkan CMA (Contacless Mobile Awards) 2012 kategori Contactless / NFC Innovation of the Year, sebuah ajang award IT mobile bergengsi level dunia yang diadakan oleh Contacless Intelligence. Qolpac berhasil menyingkirkan perusahaan-perusahaan skala global yang inovatif lainnya seperti DeviceFidelity (Amerika), eProvenance (Prancis), dan AQ Corporation (Korea Selatan).

 Ket: Leo Welzig dari Qolpac saat menerima hadiah

 Ket: para pemenang CMA 2012

Qolpac memenangi Contactless / NFC Innovation of the Year dengan membuat aplikasi mobile tentang kesehatan yang kreatif dan inovatif yang diberi nama Healtheness. Saat ini, jika aplikasi di smartphone kita lebih bersifat individual, Qolpac dengan program OtCM (Objective Therapy Compliance Measurement), membuat terobosan yang kreatif.

Selama ini, walaupun kita sudah berobat ke dokter, terkadang kita malas minum obat. Entah karena malas, takut minum obat, ataupun memang karena lupa. Qolpac berhasil menemukan solusi permasalahan ini dengan cara membuat OtCM lebih sosial, menciptakan komunitas kesehatan, terhubung dengan para pasien lainnya dan para dokter. Jadi, jika misalnya ada permasalahan, pasien bisa langsung menghubungi dokternya via aplikasi Healtheness ini. Begitu pula, jika sedang malas meminum obat, pasien bisa masuk ke komunitas kesehatan yang diwadahi oleh Healtheness untuk saling meyemangati. Menurut AppCircus.com, aplikasi Healtheness ini bisa dilihat di Android, BlackBerry, iOS (iPhone, iPad, iPod Touch), Java ME, dan Windows Phone 7.

Kiprah Qolpac ini seolah mengamini pendapat Prof. Porter dalam kuliahnya bahwa “It is not what industries a nation competes in that matters for prosperity, but how firms compete in those industries”.

Semangat terus, pemuda Indonesia! Mari contoh semangat Belanda!

🙂

– ditulis oleh Wahyu Alawudin

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s