#716 Dutch Design!

Dari seratus sembilan puluh tiga negara di planet ini, mungkin cuma Belanda yang punya istilah untuk desain mereka sendiri. Dutch Design adalah istilah bagi semua desain, terutama desain produk, yang benar-benar khas dari Belanda. Apa maksudnya?

Dutch design is simple and powerful” [1]

Begitulah kira-kira Hugo van den Bos mendeskripsikan Dutch Design. Sebetulnya tidak ada pakem resmi untuk menjelaskan istilah ini. Namun yang membuat sebuah desain sangat berbau Belanda (tentunya selain desainernya seorang Belanda) adalah gaya mereka yang simpel, minimalis, eksperimental, inovatif, dan juga humoris :D

(sumber: inhabitat.com , mocoloco.com, treehugger.com)

Nah, bukankah hampir semua desain produk modern juga seperti itu? Minimalis, kreatif, dan tidak terduga?

Ternyata, Dutch Design lebih dari itu!

‘What makes Dutch Design Dutch Design?’ Is it being ‘down to earth’? It may be difficult to answer this question, perhaps because of this Dutch nature of being ‘down to earth’, what can one actually explain about being ‘down to earth’? [2]

(sumber: design.nl)

Dalam sebuah kuliah selama Tokyo Designers Week, sebuah pertanyaan diajukan kepada para panelis yang terdiri dari Hester Swaving, Chris Kabel, Hugo van den Bos, dan Tracy Metz. Mereka semua adalah desainer produk, desainer grafis, dan wartawan profesional yang telah menggeluti dunia Dutch Design selama puluhan tahun.

Dan rupanya tidak mudah menjawab pertanyaan itu. Bahkan bagi Chris Kabel, seorang desainer produk yang telah berkecimpung dalam dunia desain dan karyanya sudah dikenal di mana-mana.

Bagaimana cara menjelaskan sesuatu yang memang secara alamiah memang begitu? Bahwa Dutch Designadalah desain yang down to earth¸merakyat, dan praktis – memang tidak terdengar spesial namun itu kenyataannya. Akan tetapi, Dutch Design memiliki ciri khas kuat yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Semacam “twist” yang undescribable dan more than words:D

Cukup dengan sekali lihat,orang akan tahu kalau itu karya dari seorang desainer Belanda. Tanpa penjelasan, tanpa banyak basa-basi. Seakan sesuatu turun dari langit dan bilang kalau yang kamu lihat adalah Dutch Design. :D

Tapi untuk membangun ciri khas yang sangat kental untuk desain negeri mereka, dibutuhkan usaha ekstra dan kultur yang membangun masyarakat untuk terus menemukan persoalan dan pemecahan masalah. Menurut Hester Swaving, lingkungan yang mendukung seseorang untuk berpikir praktis dan inovatif serta tersedianya level pendidikan tinggi bagi para desainer, salah satunya Design Academy Eindhoven (yang sering disebut “without question, currently the best design academy in the world” [3] )  adalah faktor penting yang mampu melesatkan Dutch Design hingga seperti ini.

Untuk menumbuhkan Dutch Design dibutuhkan komitmen serius dari pemerintah. Bantuan keuangan dialirkan Pemerintah Belanda melalui the Fonds BKVB (the Fund for Visual Arts, Design and Architecture), yang diluncurkan sejak tahun 1988 [4] .Program ini telah berkontribusi banyak bagi banyak lulusan sekolah desain untuk memulai usaha mereka secara mandiri.

(sumber: design.nl )

Setiap tahunnya, berbagai kompetisi dan festival seperti Dutch Design Week, Graphic Design Festival, Amsterdam International Fashion Week, dan Dutch Design Double diadakan untuk mencari desainer-desainer berbakat baru yang mampu meneruskan kekhasan Dutch Design yang senantiasa berinovasi dan tampil beda.

Semoga Indonesia juga bisa seperti ini. Suatu saat :D

– ditulis oleh Jacob Bunyamin

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s