#725 Rasa Ingin Tahu Picu Inovasi

Waktu kecil, dunia ini serasa sangat aneh di benakku. Ada banyak sekali pertanyaan yang ingin kuajukan untuk dunia. Pernah terpikir di benakku, “Kenapa kucing punya ekor sedangkan aku tidak ?”. Saat menatap langit, aku penasaran dengan warna langit, “Kenapa warnanya biru?” Begitu juga dengan awan, dulu kukira awan itu adalah kembang gula yang terbang di langit😀. Satu hal lagi yang membuatku tertawa terpingkal-pingkal sekarang ketika mengingatnya. Waktu aku kecil aku pernah mengira bahwa jambul yang ada di kepala ayam adalah topi berwarna pink. Jadi ketika aku melihat ayam yang mempunyai jambul, aku selalu berteriak , “Ayam topi pink! Ayam topi pink!”😀

 Ternyata rasa ingin tahu yang begitu besar juga ditunjukkan oleh Geradus Hooft, seorang fisikawan Belanda yang mendapat penghargaan Nobel di bidang Fisika pada tahun 1999. Selain Geradus Hooft masih banyak ilmuwan dari Belanda yang mengembangkan inovasi mereka. Hal itu terbukti dengan dikuhkuhkannya Belanda sebagai Negara peringkat ke 10 dengan peraih Nobel terbanyak. Rasa ingin tahu yang begitu besar juga mengantarkan ilmuwan Belanda untuk menciptakan Mobil Terbang. Mereka bertanya, “Mampukah mobil terbang?”


Mobil Terbang

Tanpa kita sadari pertanyaan- pertanyaan yang mereka ungkapkan mengantarkan mereka pada sebuah inovasi baru. Dengan rasa ingin tahu yang begitu besar mereka mampu menginovasi metode untuk menghilangkan nitrogen dari air limbah. Sehingga Ilmuwan Belanda memenangkan LKY water prize 2012. Mereka membuat solusi untuk masalah air di dunia. Sehingga bisa menghemat biaya, mengurangi konsumsi energi, penggunaan bahan kimia dan emisi karbon secara kesseluruhan dari proses pengolahan limbah.

Para pejalan kaki pun tak ketinggalan mendapat manfaat dari inovasi yang dibuat oleh ilmuwn Belanda. Belanda mampu membuat Lampu LED ‘melayang ‘ Philiphs di Endhoven. Lampu ‘melayang’ ini sangat menguntungkan karena tiang lampu yang sedikit, sehingga memungkinkan untuk menciptakan ruang publik bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Sebuah inovasi yang patut kita acungi jempol. Begitu banyak inovasi yang keluar dari Negeri Belanda. Dengan Rasa ingin tahu yang positif, sering bertanya dan dikembangkan dengan baik akan memicu inovasi pada diri seseorang. Hal inilah yang seharusnya kita contoh dari Belanda.

– ditulis oleh Etty Wijayanti

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s