#726 Belanda: Innovation Nation

In the beginning, the place was a swamp on the banks of the North Sea that later became an empire. –Hendrick Willem van Loon (1882 – 1944)

Belanda merupakan negara yang berukuran relatif kecil. Penduduk negeri ini selalu menghadapi ancaman air laut karena kontur tanah yang berada di bawah permukaan air laut. Namun, ini tidak membuat mereka meninggalkan daerah ini. Mereka membuat berbagai teknologi, berupa bendungan maupun reaklamasi tanah untuk dapat bertahan di tanah airnya.

Bagaimanapun mereka telah berupaya mengantisipasi, sejarah mencatat Belanda mengalami beberapa kali banjir besar. Banjir yang terakhir terjadi pada tahun 1953, menewaskan setidaknya 2000 orang dan mengakibatkan kerusakan yang cukup masif. Tapi banjir inilah yang akhirnya menginisiasi mega proyek Delta Works, yaitu sebuah sistem bendungan, dan tanggul, yang diyakini dapat melindungi Belanda dari ancaman banjir yang disebabkan oleh badai Laut Utara dan air pasang naik.

Inovasi, menurut Steven Johnson, bukanlah sekedar bakat/kemampuan tapi sebuah jerih payah. Inovasi memang membutuhkan bakat, kecerdasan dan pengetahuan. Namun, ketiga hal tersebut tak berguna tanpa adanya persistensi, ketekunan, dan komitmen.

Menurut saya, proyek Delta Works merupakan gambaran bagaimana budaya inovatif melekat pada penduduk Belanda. Bendungan, tanggul, maupun teknologi reaklamasi tanah yang terangkum dalam proyek tersebut merupakan hasil dari proses yang berlangsung bukan satu atau dua tahun, dan juga bukan 100 tahun. Tapi kurang lebih 1000 tahun! Selama seribu tahun itu, pengetahuan mereka berkembang. Dimulai dengan cara yang paling sederhana, dengan membangun terpen dari pasir, dan tanggul-tanggul. Kemudian mereka menemukan cara mereaklamasi tanah menggunakan pompa yang menggunakan energi yang berasal dari kincir angin. Persistensi dan ketekunan mereka selama seribu tahun, belajar dari kegagalan dan bencana yang menimpa akhirnya menghasilkan konstruksi yang kini dipelajari dan menjadi acuan berbagai negara di dunia.

What an innovation!

Now that Dutch people enjoy benefits provided by the Delta Works, they don’t stop innovating. Inovasi dan kreatifitas sepertinya sudah menjadi cara hidup orang Belanda. Banyak ide-ide segar dan baru yang lahir untuk selalu meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Proyek smart city yang diterapkan di Amsterdam misalnya, mengupayakan untuk memangkas emisi CO2 dengan menerapkan teknologi hemat energi pada berbagai infrakstruktur kotanya. Proyek yang dinilai cukup ambisius karena menelan dana yang cukup besar ini berhasil memperoleh penghargaan City Star Awards 2011 dan menjadi proyek percontohan negara lain.

 Mobil listrik untuk mengurangi emisi CO2 di Amsterdam

Di sisi lain, pemerintah dan masyarakat juga selalu mendukung tumbuhnya entrepreneurship dan inovasi. Pemerintah Belanda berkomitmen untuk menciptakan iklim yang baik dan ruang bagi para enterpreneur untuk berinovasi. As a result, Belanda berada di peringkat ke-2 sebagai negara terbaik untuk melakukan bisnis berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, dengan pembuatan peringkatberdasar pada 6 kriteria, termasuk biaya set up bisnis baru dan keadaan ekonomi.

Begitulah. Sepertinya Belanda memahami betul bahwa berinovasi merupakan cara untuk membuat hidup lebih baik dan untuk ‘memenangkan masa depan’. Inovasi-lah yang kini membawa Belanda menjadi salah satu negara maju di dunia. Inovasi-lah yang merubah Belanda dari rawa-rawa menjadi sebuah kerajaan.

– ditulis oleh Bondan Wulan Arum

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#726 Belanda: Innovation Nation

  1. inovasi memang menjadikan masa depan sebuah bangsa lebih kreatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s