#730 Belanda Surga Inovator dan Pecinta Sepeda

Kingdom of Bicycle (Kerajaan Sepeda), itulah sebagian besar masyarakat dunia menyebut Belanda saat ini. Amsterdam, salah satu kota di Belanda tercatat sebagai the most bicycle-friendly city (Kota Ramah Sepeda). Dan Belanda memiliki jumlah sepeda pada populasi yaitu 1,1 perkapita. Penduduk Belanda sangat mahir dalam mengendarai sepeda, ada yang sambil membaca buku, bermain game portable, dan beberapa aktifitas lain. Hal ini menunjukkan bahwa mereka sudah menyukai sepeda dari kecil.

Kecintaan terhadap sesuatu dari kecil hingga dewasa membuat sepeda merupakan salah satu gaya hidup di Belanda. Dan hal itu juga menimbukan ide kreatif, dan inovatif dalam merangkai sebuah sepeda gaya baru. Banyak sepeda inovatif yang telah di kembangkan di belanda sesuai kebutuhan dan gaya hidup. Bisa kita lihat pada gambar berikut.

Ada berbagai macam inovasi sepeda di Belanda yang kita tidak dapat temui di negara lain seperti:

1. Monster bike: sepeda yang dilengkapi dengan roda besar, sehingga terlihat sangat besar. Tetapi tetap hanya membutuhkan tenaga yang kecil untuk menggenjotnya.

2. Waffle bike: sepeda yang Lengkap dengan kulkas, parang, dua senapan, sistem pengumuman publik, kandang ayam (untuk memberikan telur) dan tentu saja pembuat wafel.

3. WorkCycles ‘Fr8: sepeda yang dirancang untuk keluarga dan pekerja, dibuat dengan tangan di Belanda sehingga dapat memberikan kelonggaran untuk pelanggan dalam memodifikasi keranjang depan maupun belakang.

4. Intergalactic Patrol Bikes: sepeda gabungan inovasi Belanda-Jepang, yang dirancang untuk medan-medan yang sulit. Sepeda ini dirancang agar bisa dikendarai pada gravitasi seperti di bulan. Sehingga sepeda ini memang sangat inovatif dan mahal

5. The Cuddlebike (i.e. Valentine’s Day Special) : adalah sepeda yang dirancang khusus untuk hari valentine. Sepeda ini sangat romantis dan membuat pasangan tambah serasi.

6. Pedal Powered Snow Plow: Sepeda yang dirancang untuk membersihkan salju dengan hanya mengayuh pedal sepeda. Hal ini menjadikan lingkungan bersih serta bebas salju tanpa polusi.

7. Espresso en Bakfietsen: Awalnya terlihat seperti gerobak. Tapi sepeda ini benar-benar mampu membuat kopi Espresso diatasnya. Benar-benar inovasi yang luar biasa.

8. The sail-bike: hasil dari kombinasi gairah untuk sepeda telentang dan berlayar. Tentu saja prinsip dasar berlayar di daratan atau es tidak baru, perahu Es telah digunakan di daerah dingin selama berabad-abad dan beberapa perahu ras dapat melebihi 200km/hr. Dan itu bisa diterapkan pada sebuah sepeda.

9. The Dump Tramp: Adalah sepeda yang dirancang agar bergabung dengan rumah dengan desain yang cukup apik, sehingga anda dapat membayangkan rumah yang dapat diwaba kemana-mana.

10. The Croquette Bakfiets: adalah sepeda yang membawa kroket yang dijual sehingga sangat menarik untuk dihampiri oleh para pembeli. Sepeda ini sangat kreatif. Karena terlihat keren diluar dan sangat lezat di mulut.

Itulah tadi 10 inovasi sepeda di Belanda, tetapi masih banyak lagi loh sepeda unik lainya. Inovasi bisa dimulai dari hal-hal yang kecil. Mari Berinovasi!

– ditulis oleh M. Zamzam Amani

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s