#731 I’m Glowing, You?

Siapa bilang di night club orang cuma bisa mabok-mabokan dan buang-buang uang? Dan di night club bisa dapat pengetahuan baru? Di Indonesia jelas masih mustahil, tapi lain ceritanya kalo di Amsterdam. It called, PechaKucha, yang dalam bahasa jepang berarti ‘small talk’.

PechaKucha ini merupakan suatu inisiasi yang diadakan di seluruh dunia,termasuk di Amsterdam, dimana 12 penggagas ide-ide kreatif diundang untuk mengungkapkan idenya dalam waktu 20 seconds X 20 slides. Memang waktu yang singkat, namun cukup untuk membuka pikiran kita terhadap hal-hal baru yang cukup mencengangkan.

Salah satunya adalah ide brilian yang dilontarkan Carlo Morsiani. Sebagai seorang arsitek yang menggagas sebuah ide yang sebenarnya cukup sederhana, yaitu Glowing Canals. Bayangkan saja, air kanal-kanal di Amsterdam yang berwarna coklat dan keruh nantinya akan berubah sangat cantik dengan bantuan bakteri. Kombinasi dari baketri Shewanella dan Photobacta tidak hanya menciptakan air yang bersinar cantik berwarna biru, tapi juga bersih. Apalagi jika ada boat yang melintasi kanal tersebut, akan meninggalkan garis jejak yang sangat indah.

Coba bayangkan seandainya saja kanal-kanal di Indonesia bisa seindah itu, sehingga secara langsung akan menambah fungsinya sebagai tempat wisata. Rasanya memang masih membutuhkan waktu yang lama hingga kali Ciliwung menjadi layak untuk dijadikan tujuan wisata. Namun kemungkinan tersebut masihlah ada selama masih ada generasi muda yang mau berpikir kreatif dan imajinatif.

Sebagai salah satu elemen urban desain, keberadaan kanal dan airnya yang glow in the dark akan menjadi landmark dari kawasan tersebut. Selain menambah keindahan fasad kanal, keberadaan glowing kanal nantinya juga mampu menarik wisatawan. Keberadaan bakteri tersebut diharapkan mampu menyelaraskan antara bangunan dan alam, serta mendukung posisi kreatifitas dalam pengembangan masyarakat.

Siapa yang tidak sabar menunggu penyelesaian proyek ini? SAYA!!

– ditulis oleh Grace Damaris

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s