#732 Igirama

Igirama bukanlah nama makanan, atau bahkan nama binatang. Igirama berasal dari perpaduan bahasa yunani , yang berarti earth dan sight. Igirama menggambarkan pemandangan dunia, bukan dari pandangan mata manusia melainkan melalui bird’s eyes. Igirama sendiri merupakan karya dari seniman asal Belanda, Willam Verstraeten. Rasanya seperti menempatkan diri kita diangkasa, dan duduk santai di awan. Willam Verstraeten mengatakan, “The horizon stayed level around my eye-height. While the world below was a bowl. It felt like I was in the center of the world. And as an artist I like that.”.

Willam Verstraeten mengambil New York sebagai konsep pertama Igirama, karena New York memiliki skyline yang tidak bisa dibandingkan dengan negara manapun. Kumpulan bangunan-bangunan pencakar langit yang sangat indah untuk dipandang. Verstraten membuat terobosan baru dengan membuat pemandangan “dari atas”, dibandingkan dengan foto-foto biasa yang selama ini sudah ada. Pemilihan New York sebagai konsep Igirama, memiliki makna yang cukup dalam. Dari segi genius loci, maupun locus genii. Genius loci (spirit of place) dari New York yang terletak pada Ground Zero- The Nation 11th September Museum, memiliki makna historis mendalam. Dimana peristiwa naas tersebut merenggut banyak jiwa. Keberadaan Igirama ini membuat orang-orang merasakan bagaimana rasanya berjalan pada ketinggian 1300 kaki, dan mengenang peristiwa tersebut.

Igirama ini pertama kali dipamerkan di Middleburg, The Netherlands pada tahun 2010. Verstraeten bermimpi untuk bisa terus mengembangkan karyanya hingga keseluruh dunia. Kepedulian Verstraten melalui karyanya, menunjukan bahwa sebagai seniman ia bisa turut prihatin dengan peristiwa-peristiwa besar dunia. Kekreatifannya dalam mengolah objek dan situasi membuat ia menerima banyak penghargaan, salah satunya dari the Netherlands Foundation for Visual Arts, Design and Architecture. Pengaruh keberadaan Igirama dalam fungsi kota, membuat kita memahami genius loci dari tempat tersebut. Bahwa tempat-tempat yang ada di dunia bukan hanya terdiri dari bangunan, tapi juga memiliki jiwa.

Oh iya, buat kalian yang belum berkesempatan melihat Igirama secara langsung di Netherlands (including me!), kalian bisa melihatnya disini .

Feel the world under your foot, feel the difference!

– ditulis oleh Grace Damaris

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s