#734 Vrachtfiets in Netherlands

Apakah kalian pernah menyadari bahwa iklim di dunia ini sudah mulai tidak stabil? seperti daerah bagian Utara dari belahan bumi yang mulai memanas lebih dari daerah-daerah lain di Bumi yang akibatnya gunung-gunung es akan mencair dan daratan akan mengecil. Mungkin saat ini kita sudah merasakan dampaknya secara tidak langsung, layaknya pola curah hujan yang berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat tetapi kekeringan di tempat yang lain. Topan dan badai tropis baru akan bermunculan dengan kecenderungan semakin lama semakin kuat. Mungkin itulah yang disebut dengan Pemanasan Global (Global Warming) yang memiliki arti suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

Pemanasan global adalah masalah besar di dunia karena akan berdampak pada semua orang. Sebenarnya masalah pemanasan global ini dapat diatasi apabila ada keikutsertaan semua orang di dunia dalam menjaga keseimbangan alam. Sebuah negara di Eropa bagian barat laut memiliki solusi kreatif yang patut ditiru untuk mengatasi pemanasan global. A lot of people called it Netherlands, yang artinya tanah rendah karena sebagian besar wilayahnya berada dibawah permukaan laut yang dilindungi dengan bukit-bukit pasir (Duinen). “Belanda” itulah sebutan populernya di negara Indonesia.

Negara kincir angin ini berperan serta dalam menganggulani pemanasan global dengan cara yang sederhana, salah satunya melalui bersepeda. Pemerintah di belanda sangat memfasilitasi kepada para pengguna sepeda, seperti adanya jalur khusus, rambu lalu lintas, dan disediakannya tempat parkir khusus bagi para pengguna sepeda. Sepeda telah menjadi bagian yang sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari di Belanda, dan telah digunakan secara turun-temurun. Para penduduk di Belanda menggunakan sepeda selain karena menyehatkan tetapi juga karena harganya yang cukup murah dan ramah lingkungan tentunya. Bahkan, 15 juta orang Belanda memiliki sekitar 12 juta sepeda, angka pengguna sepeda hampir sama sebanyak penduduknya. Mungkin bisa kita bayangkan apabila 12 juta sepeda tersebut digantikan dengan sebuah kendaraan bermotor, maka berapa banyak emisi gas buangnya yang mungkin akan sangat berpengaruh terhadap lingkungan. Seperti karbon monoksida (CO), berbagai senyawa hidrokarbon, berbagai oksida nitrogen (NOx) dan sulfur (SOx), dan partikulat debu termasuk timbel (PB).

Seiring meningkatnya perkembangan zaman yang semakin pesat, maka meningkat pula inovasi dibidang sepeda. Mungkin anda sudah sering mendengar mengenai sepeda listrik, sepeda yang digerakan dengan tenaga listrik seperti dinamo atau baterai. Lantas apakah anda pernah mendengar sepeda kargo (Vrachtfiets)? iya itulah salah satu jenis sepeda yang mulai favorit di negeri Belanda. Kelebihan sepeda ini selain bertenaga listrik juga bisa membawa barang atau penumpang yang lebih banyak. Tentu saja dengan harga yang cukup murah dan segala kelebihannya menjadi incaran para konsumen khususnya pengusaha di negara kincir angin ini. Rencananya sepeda ini juga akan lebih dikembangkan dengan menggunakan tenaga surya. Sepeda kargo ini pertama kali di pasarkan di kota Delft, daerah belanda selatan. Bagi yang penasaran bisa dilihat disini juga loh. Dan tentunya kendaraan tanpa emisi gas buang ini sangat membantu dalam menangani pemanasan global yang semakin kritis.

Memang sulit untuk mewujudkan hal itu semua. namun setidaknya kita bisa belajar dari negara Belanda yang memliki ide-ide yang kreatif untuk sebuah perubahan yang besar. Diharapkan dari inovasi ini bisa memberikan inspirasi bagi kita semua untuk membawa bumi ini menjadi lebih baik lagi. Seperti Lyrics lagunya King of Pop Michael Jackson “Heal The World, make it a better place, for you and for me, and the entire human race”.

– ditulis oleh Widdy Haryadi

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s