#740 Negara Kreatif???

Menurut saya nih,, orang yang kreatif adalah mereka yang secara teratur menempatkan diri mereka di sekitar ide-ide baru yang muncul dari berbagai sumber. Pada dasarnya setiap manusia adalah kreatif. Kreativitas tidak hanya dimiliki oleh orang-orang berdasi, bahkan seorang tukang becak pun memiliki jiwa kreativitas.

 Becak Hias, sumber: http://a-journo.blogspot.com/

Kreativitas tidak hanya dimiliki oleh orang muda, bahkan anak2 pun memiliki imajinasi yang memicu ide-ide kreatif. Ide-ide kreatif tersebut akan lebih dapat di generate oleh seseorang apabila didukung oleh lingkungan yang dapat memicu adanya ide-ide kreatif.

 kreativitas bisa lahir dimana saja dan oleh siapapun

Lingkungan yang dapat memicu ide-ide kreatif dapat diciptakan dimana saja, misalnya skala lingkungan terkecil yaitu keluarga. Kadang dapat kita temukan keputusan dan karya kreatif yang lahir karena adanya dukungan dari orang-orang terdekat kita. Lingkungan kreatif tersebut juga terjadi di lingkungan dengan skala yang lebih besar, misalnya organisasi, kelompok masyarakat, bahkan dalam suatu negara.

Setiap negara memiliki kearifan lokal masing-masing yang didalamnya pasti terdapat ke-kreatif-an masyarakat sekitar. Tapi kalo boleh berpendapat, negara yang kreatif menurut saya adalah negara yang mendukung masyarakatnya untuk menghasilkan karya-karya yang kreatif.

BELANDA…….

 Sumber: http://travelyuk.wordpress.com/2011/10/07/pesona-kincir-angin-belanda-nan-legendaris/

Negara yang paling kreatif dan inovatif? Apa yaa? Saya juga tidak tau jawabannya. Soalnya menurut saya penilaian atas kreatif itu tergantung pendapat masing-masing orang yang menilainya. Nah makannya nih, kalau menurut pendapat saya, Negara yang sampai saat ini saya lihat termasuk negara kreatif dan inovatif itu adalah…. Belanda! Kenapa Belanda? Karena dari sumber yang saya dapatkan banyak banget karya-karya kreatif yang lahir disana. Sekilas kalau kita melihat video youtube berjudul “Creative Amsterdam, gateway to Dutch creativity” kita dapat melihat beberapa karya kreatif yang ditelurkan oleh tangan-tangan kreatif di negeri kincir angin tersebut. Banyak ikon kreatife yang ditampilkan disana, seperti: Knap Ontwerp, Design Kaas, Van moof, Nmtrix, Studio Rockfish, Monobanda, Joris Laarman LAB, dll.

 NMTRIX merupakan perusahan kreatif yang terutama bergerak dibidang animasi 3D, sumber: http://www.nmtrix.com/

Bahkan baru-baru ini Amsterdam RAI mendapatkan penghargaan Best International Venue pada Exhibition News Awards ke-6 yang diadakan di London 29 Maret 2012 yang lalu. Excellence Award ini diadakan tiap tahun bagi bisnis-bisnis yang memberikan kontribusi luar biasa bagi industri pameran. Amsterdam RAI menjadi nominasi dalam kategori ‘Best International Venue’, dan bersaing ketat dengan nominator lainnya termasuk Cape Town International Convention Centre, Suntec Singapore, Riocentro Rio de Janeiro, juga dengan pemenang tahun lalu, ADNEC Abu Dhabi. Dikutip dari http://www.nesoindonesia.or.id/ bahwa dalam pengambilan keputusan tersebut, juri berkomentar: “Amsterdam RAI adalah pemenang mutlak dalam kategori Best International Venue tahun ini untuk fasilitasnya yang menonjol dan pendekatan yang profesional. Tempat ini memiliki lokasi dan penawaran yang bagus.”

 sumber: http://www.architravel.com/architravel/building/elicium-amsterdam-rai

 sumber: http://www.leditbeyourday.nl/index2.php?id=8

 sumber: http://mariska-blablablog.blogspot.com/

Nah jadi ya kalau menurut saya, Belanda itu salah satu Negara yang kreatif dan inovatif. Sebenarnya banyak banget pastinya kelebihan lainnya yang bahkan saya aja gatau. Tapi, Negara lainnya juga pasti gak kalah sama Belanda karena pasti semuanya punya kelebihan dan kekurangan.. Salam Kreatif!!!

– ditulis oleh Aji Noor M.

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s