#741 Kue Ganja dari Belanda

“Men, gue lagi di Belanda nih. Semalem kan gue ke coffee shop, tebak, gue makan apa?” Ujar sahabat saya melalui Blackberry Messanger.

“Wah enak banget.. Makan apa? Nasi? Keju?,” jawab saya

Dan kemudian dia jawab “salah! gue makan cake, tapi bahannya dari ganja”.

Secepat kilat saya balas BBM teman karib saya itu “serius loh? kok bisa? ga takut dipenjara?” lalu teman saya menjelaskan panjang lebar mengenai pengalamannya makan cake khas Belanda yang terbuat dari ganja, namanya Space Cake. Setelah mendengar cerita teman saya itu, saya langsung browsing untuk mencari tahu tentang Space Cake.

Mungkin sudah banyak yang mengetahui, jika Belanda adalah negara yang melegalkan ganja. Pemerintah Belanda mencoba melegalkan ganja, karena melihat sisi positif ganja ketimbang sisi negatifnya. Legalisasi ganja, bukan berarti ganja bebas dipergunakan tanpa aturan. Tetap ada aturan dan koridor yang jelas untuk ganja agar tetap berdampak positif ketimbang negatifnya. Batasan umur minimum konsumen, jumlah yang boleh dikonsumsi, sampai tempat menyantap makanan yang berbahan dasar ganja, diatur oleh pemerintah Belanda.

Orang-orang Belanda menggunakan kreatifitasnya untuk “mengemas” ganja tersebut menjadi makanan yang selain memanjakan lidah namun juga menggoda mata kita. Space Cake sendiri berbetuk seperti brownies. Masih ada beberapa makanan dari ganja lainnya di Belanda seperti muffin dan cookies. makanan-makanan tersebut hanya dapat ditemui di beberapa coffee shop. Kenapa saya sebutkan beberapa coffee shop? Karena ternyata tidak semua coffee shop boleh menyajikannya.

Image

ImageImage

Bahan baku untuk membuat Space Cake ini selain ganja, dibutuhkan pula baking flour, susu, telur, dan margarin. Bila dilihat dari komposisinya, maka bisa dilihat bahwa space cake ini menyehatkan. Lagipula ganja dalam takaran yang tepat, justru memberikan banyak manfaat, seperti penambah nafsu makan atau bumbu alami penyedap makanan.

Ilmu pengetahuan dan kreatifitas membuat orang Belanda berani melegalkan ganja dan mengemasnya menjadi sesuatu yang menarik serta tiada duanya. Space cake sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi penduduk lokal maupun turin mancanegara. Selain kreatifitas dan ilmu pengetahuan, orang-orang Belanda juga mempunyai komitmen yang kuat agar legalisasi ganja ini tidak berakibat buruk bagi penduduk lokal maupun turis. Oleh karena itu mereka patuh akan segala peraturan yang mengatur seputar ganja.

Vivanews.com hari Selasa 15 maret 2012, menyebutkan bahwa masyarakat Belanda yang menggunakan ganja hanya 5% saja, dibawah rata-rata pengguna di Eropa yang mencapai 7%. Untuk mengatasi banyaknya turis yang mengkonsumsi ganja, Pemerintah Belanda saat ini melarang coffee shop untuk menyajikan ganja ke para turis.

Bagi yang baru mencoba pertama kali, khususnya turis (sewaktu masih diperbolehkan) disarankan untuk tidak sungkan bertanya mengenai space cake atau makanan lainnya kepada para penjual. Para penjual tidak akan sungkan-sungkan untuk memberi saran, agar makanan dapat dinikmati tanpa menyakiti diri sendiri.

Image

Sudah saatnya Indonesia meniru Belanda untuk melegalisasi ganja dan kita ciptakan makanan-makanan khas Indonesia berbahan dasar ganja. Selama sesuai aturan, rasanya kita tidak perlu khawatir ngefly atau teler. Panji Pragiwaksono dalam bukunya yang berjudul ‘Hikayat Pohon Ganja’, mengulas banyak sekali sisi positif dari Ganja yang dapat kita manfaatkan. Jika Belanda saja bisa buat brownies dari ganja, kenapa kita tidak bisa buat bakpia dari ganja atau setidaknya brownies ganja khas Indonesia. Hmmm.. jadi pingin mencoba :p

– ditulis oleh Anggara Gita

4 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

4 responses to “#741 Kue Ganja dari Belanda

  1. alleSandra Donna

    Pemerintah endonesa tll sibuk nglarang yg ga ptg,ngurus yg ga mutu. Ga ngerti mana yg urgent mana yg top urgent. Legalisasikan Ganja!!!!

  2. Nihani

    Lha bukannya masakan padang asli Indonesia juga pake sedikit ganja ya?? *sotoy* :))))

  3. ana

    Baru tau klo ada cake ganja.. Hehehe enak kali ya.. Di Indonesia harus ada tuh..😀

  4. Algaga

    Wahhh.. Indonesia kaya akan ganja. Bisa ga ya niru gitu.. Pingin nyobaaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s