#743 Belanda, Negara Materialistis Melalui Kreativitas

Materialistis melalui kreativitas merupakan suatu inovasi yang dilakukan orang-orang Belanda melalui berbagai bidang penelitian. Melalui sifat pekerja keras dan tekun dalam menghasilkan inovasi yang memberikan mamfaat banyak bagi masyarakat dunia, menjadikan negara ini meraih peringkat ke-10 sebagai negara peraih nobel terbanyak di dunia. Penerima hadiah Nobel ternama dari Belanda antara lain adalah Andre Geim untuk bidang Fisika pada tahun 2010, lalu Pieter Zeeman dan Hendrik Lorentz yang bersama-sama memenangkan Nobel Fisika tahun 1902.

Ini ada gambar dari piagam penghargaan Nobel, Mungkin dengan mengetahui ataupun melihat piagam ini saja kita menjadi termotivasi mendapatkan piala bergengsi ini. Who knows? Someday, one of us (Indonesian) can reach it. Nothing’s Imposible

 Nobel awards

Potensi besar yang dimiliki negara Belanda dalam berbagai penelitian yang inovatif dan kreatif membuat Belanda memamfaatkan potensi ini untuk meningkatkan pendapatan negara melalui ekonomi kreatif. Hal yang menjadi alasan suatu negara termasuk negara Belanda dalam mengembangkan Ekonomi kreatif atau kreativitas bertujuan material diantaranya adalah, :

 Ekonomi Kreatif (Sumber :http://www.indonesiakreatif.net/index.php/id/page/read/latar-belakang-ekonomi-kreatif)

Bidang-bidang industri kreatif di Belanda mencakup berbagai bidang diantaranya, di bidang arsitektur, Belanda sejak dahulu telah terkenal akan karya arsitektur nya, baru-baru ini Amsterdam RAI menangkan penghargaan Best International Veneu pada Exhibition News Award ke-6 yang diadakan di London 29 maret 2012. Melalui penghargaan best veneu ini sekaligus juga akan meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata. Penghargaan ini suatu prestasi yang besar dalam pembangunan kota dan konstruksi seperti De Rotterdam (The Vertical City), Waterstudio, dan Amsterdam Arena Stadium. Di Indonesia, arsitektur bangunan Belanda masih banyak berdiri tegak dan telah berumur ratusan tahun. Selain Arsitektur yang indah dan bernilai seni tinggi, karya arsitektur bangunan Belanda juga terkenal kualitas bangunan nya yang kokoh. Salah satunya adalah bangunan benteng Vredeburg yang dibangun 1765 oleh VOC.

 Benteng Vredeburg

 Amsterdam arena stadium

Di bidang industri makanan, Belanda juga merupakan pemimpin dunia dalam hal ekspor keju. Atas kreativitas dan inovasi teknologi dan teknik pembuatan keju yang dibuat orang-orang Belanda, mereka dapat menghasilkan keju yang sama, konsisten dalam rasa dan teksturnya serta dapat bertahan ketika dibawa pada waktu yang lama. Negara Belanda terkenal dengan kejunya (kaas dalam bahasa belanda), dan pasar keju yang paling ternama diantaranya adalah Alkmaar, Gouda, Edam, Hoorn, dan Woerden.

 Keju Belanda

Dalam bidang fashion, banyak brand fashion dengan reputasi dunia berasal dari Belanda. Spijkers en Spijkers adalah salah satu contoh brand fashion Belanda yang mendunia. Melalui kreativitas para desainer Belanda terciptalah suatu karya yang fashionable bernuansa jiwa muda namun tetap elegan dan dinamis. Inilah salah satu contoh brand terkenal ini :

 Spijkers en spijkers

Faktor utama perkembangan kreativitas dan inovasi di negara ini diantaranya adalah dukungan penuh pemerintah terutama terhadap industri kreatif, sebagai contoh pembentukan Dewan Industri Kreatif Belanda (Dutch Creative Industries Council) dan adanya bantuan STW Grant, yang nilainya dapat mencapai milyaran rupiah untuk sebuah rencana bisnis. Selain itu, dukungan dari pihak universitas dalam infrastruktur yang canggih dan pendanaan bahkan seorang profesor juga dapat memberikan saluran pendanaan tertentu melalui kerjasama dengan berbagai industri.

– ditulis oleh Marta Hasibuan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s