#744 Kreativitas dan Inovasi Dutch Membawa Terang di Tengah Kegelapan

Dalam sesi tulisan ini disajikan berbagai penemuan yang dihasilkan para ahli dari Belanda, yang sangat berguna jika diterapkan di negara kita Indonesia, yang membawa terang di tengah kondisi kegelapan yang terjadi di Indonesia seperti kondisi penduduk yang padat dengan intensitas pemakaian kendaraan di jalan raya yang banyak, kekurangan sumber energi dalam menyalurkan sumber energi listrik secara merata di Indonesia, dan kondisi sanitasi perairan yang buruk yang menyebabkan kekurangan sumber daya air bersih bagi masyarakat banyak.

Salah satu hasil dari penemuan yang kreatif dan inovatif yang membawa terang tersebut diantaranya penemuan sumber energi tenaga listrik yang disebut “Vibration Energy”. Penemuan ini ditemukan oleh ahli-ahli riset dari Belanda dari Tauw dan the University of Twente di Belanda. Vibration Energy ini merupakan alternatif sumber energi yang dihasilkan oleh getaran kendaraan di jalanan. Percobaan ini berhasil dilakukan di jalan raya N34 dekat Hardenberg di Belanda dan para ahli ini telah menyimpulkan bahwa energi getaran yang dihasilkan oleh jalan raya memang bisa dihasilkan menggunakan material piezoelectric yang dapat mengubah getaran yang lewat menjadi energi listrik. Hal ini sangat berguna dalam penyaluran sumber energi listrik secara merata di seluruh wilayah yang ada di Indonesia melalui pemamfaatan kondisi pemakaian kendaraan yang pesat di negara Indonesia.

Kemudian, hal yang mungkin pernah diimpikan oleh orang banyak terutama masyarakat yang ada di ibukota negara kita “Jakarta” yang mungkin sangat tertekan oleh keadaan terjebak macet yang terjadi hampir setiap hari adalah adanya suatu Mobil yang dapat terbang ketika terjebak dalam kondisi macet (Kondisi gelap). Namun, kini hal tersebut bukanlah suatu mimpi belaka lagi, dikarenakan telah terlaksana suatu prototipe mobil yang dapat terbang yang diciptakan oleh 25 desainer dan inovator Belanda yang berpengalaman yang dipimpin oleh Robert Barnhoorn, MSc dan Maarten Wilming, MSc, ciptaan Spark dan Pal-V Europe NV Spark yang berada di Rotterdam. Kendaraan ini dapat berfungsi secara baik dan dengan mudah bisa berubah dari mode drive ke mode fly (Kondisi terang).

Penelitian yang juga membawa solusi atas kondisi sanitasi perairan yang buruk di negara Indonesia (Kondisi Kegelapan) adalah pengolahan air limbah yang dikenal dengan nama “Anammox“ yang merupakan inovasi buatan para ahli di Belanda, yang merupakan suatu proses pengolahan air yang dapat menghilangkan nitrogen dari air limbah diperkotaan (Kondisi terang). Inovasi ini juga membuahkan penghargaan bagi sang pencetus ide Annamox ini yaitu Profesor Van Loosdrecht di LKY Water Prize 2012.

Penelitian terbaru juga dari belanda bernama “tiger stone” yang merupakan mesin penata bata yang dapat membuat jalan yang dilapisi dari bahan bata. Sejumlah bata dimasukkan terlebih dahulu ke dalam suatu wadah di mesin, kemudian bata tersebut didorong keluar oleh mesin ke dasar jalan yang telah dilapisi pasir. Seluruh bata akhirnya tertata rapi oleh adanya gravitasi. Dengan menggunakan tenaga listrik mesin ini dapat bekerja setidaknya mencapai jarak hingga 300m2 per hari, dimana jika dibandingkan dengan cara konvensional yang hanya dapat mencapai jarak hnigga 75 meter persegi. Hal ini merupakan pembawa terang bagi kondisi penghematan pembiayaan pembuatan jalan, sehingga biaya untuk memperbaiki seluruh jalan yang ada di Negara kita ‘Indonesia” dapat dihemat kemudian dialokasikan kepada pembiayaan pembangunan kondisi sosial, pendidikan, serta kesehatan.

– ditulis oleh Marta Hasibuan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s