#746 Pelangi Jatuh di Tanah Belanda

Pelangi biasa kita lihat di langit sesaat setelah hujan turun. Pelangi yang satu ini jatuh di tanah Belanda ! Pernah ngebayangin gak sih kalau pelangi jatuh ke tanah bakalan kaya apa ? Di Belanda, pelangi ini jatuh dalam bentuk……… BUNGA TULIP !! HHE :



Ternyata, bunga tulip khas Belanda ini tidak berasal dari negara Belanda. Bunga tulip yang cantik-cantik ini berasal dari Persia dan Turki. Nama Tulip itu berasal dari bahasa Persia, Turban,yang artinya Sorban. Awalnya Tulip tumbuh liar di kawasan Asia Tengah dan Asia Barat. Tidak tahu kapan tepatnya bunga-bunga tulip ini mulai dibudidayakan di Belanda. Berdasarkan catatan resmi, bunga Tulip diperkenalkan oleh seorang biologist terkenal dari Vienna, Austria, bernama Carolus Clusius. Bunga tulip ini sempat menjadi penyebab terjadinya demam yang melanda penduduk Belanda, yaitu Tulipomania atau Tulipmania. Banyak penduduk Belanda yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk terjun ke dalam bisnis perdagangan bunga tulip. Asumsinya bisnis tulip ini sangat menguntungkan dan berisiko kecil, mengingat banyak penduduk Belanda yang tergila-gila dengan keindahan bunga Tulip. Tulip-tulip indah nan cantik dikelompokkan menjadi empat kelompok, yaitu : Couleren (hanya memiliki 1 warna), Rosen (beraneka warna seperti merah dan pink dengan dasar putih), Violetten (ungu atau lila dengan dasar putih), Bizarden (merah, cokelat atau ungu dengan dasar kuning). Pada waktu masa Tulipomania, bunga Tulip yang paling diminati adalah bunga tulip bermotif.

Bunga Tulip yang menjadi bunga khas negeri Belanda ini kemudian dimanfaatkan sebagai salah satu komoditas yang sangat menguntungkan dan berpengaruh bagi perekonomian Belanda. Belanda mampu menjadikan bunga tulip sebagai Trademark negeri Belanda dan menjadikannya sebagai aset pariwisata yang mendunia. Adakah bunga khas negara yang sampai bisa mendarah daging dan mendunia seperti bunga tulip yang identik dengan negeri Belanda? Seberapa banyak negara yang mampu menjadikan taman bunga sebagai obyek wisata andalan seperti yang dilakukan oleh Belanda? Hal ini membuktikan bahwa penduduk Belanda memiliki kreatifitas yang tidak terhingga.

Selain keindahannya yang bisa dinikmati, tulip memiliki manfaat sebagai bahan obat-obatan. Tulip dapat untuk mengobati penderita anemia, memar ,kepekatan darah tidak normal, stagnasi darah, kanker darah, tekanan darah tinggi dan darah rendah, pendarahan di dalam, gangguan sirkulasi darah ,sakit punggung, dan parasit dalam darah.
Jika membicarakan mengenai taman bunga tulip, di Belanda ada taman bunga yang menjadi β€œbabon”-nya para taman bunga tulip, yaitu taman bunga Keukenhof. Keukenhof dijuluki sebagai The Garden of Europe, taman ini merupakan taman terbesar se-Eropa dengan luas 80 hektar. WOW ! Keukenhof dikunjungi oleh setidaknya 800.000 ribu wisatawan domestik ataupun luar negeri setiap tahunnya. Sayangnya, Keukenhof hanya dibuka pada musim semi saja yaitu antara bulan April-Mei. Bunga tulip mencapai keindahan yang sempurna pada pertengahan musim semi, karena saat itu bunga tulip mekar dengan sempurna. Untuk masuk ke Keukenhof perlu merogoh kocek 7-14 Euro. Tiket masuk Keukenhof bisa juga dipesan online melalui web Keukenhof jauh-jauh hari sebelumnya.

Anyway, dua minggu lalu dosen yang mengajar di kelas saya melilitkan syal bermotif bunga tulip, di pingirannya terdapat tulisan Keukenhof. Ternyata, pelangi itu juga jatuh juga ke dalam syal πŸ˜€

– ditulis oleh Fauzia Darojati

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s