#748 Belanda dan Pesona Kreatifnya

Masyarakat Belanda adalah masyarakat sangat kreatif dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam yang mereka miliki. Meski sebagian besar wilayahnya tertutup air, namun berkat kreativitas yang dimilikinya, masyarakat Belanda memanfaatkan melimpahnya air sebagai sarana transportasi, pembangkit listrik, dan sebagainya.

Salah satu sungai yang digunakan sebagai sarana transportasi yang sangat terkenal adalah sungai Amstel di Amsterdam. Salah satu yang membuatnya menarik dan menjadi terkenal selain sebagai sarana transportsi adalah karena di sungai ini terdapat sebuah jembatan yang sangat indah bernama The Brug Magere (“Jembatan Kurus”) Jembatan ini menghubungkan tepi sungai di Kerkstraat (Church Street), antara Keizersgracht (Kaisar ‘Canal) dan Prinsengracht (Princes’ Canal).

Bagian tengah dari Magere Brug adalah jembatan bascule terbuat dari kayu bercat putih. Jembatan ini dibangun pada tahun 1934. Jembatan pertama di situs ini dibangun pada 1691 sebagai Kerkstraatbrug dan memiliki 13 lengkungan. Karena jembatan ini sangat sempit, penduduk setempat menyebutnya magere brug, yang secara harfiah berarti “jembatan kurus”. Pada tahun 1871 keadaan jembatan itu begitu buruk sehingga dihancurkan dan diganti dengan jembatan sembilan kayu melengkung. Lima puluh tahun kemudian jembatan ini juga diganti. Arsitek Piet Kramer membuat beberapa desain untuk baja dan jembatan batu, tetapi kota memutuskan untuk menggantinya dengan jembatan baru yang tampak sama dengan sebelumnya, hanya sedikit lebih besar. Pada tahun 1934 jembatan itu dibongkar dan diganti. Renovasi besar terakhir adalah pada tahun 1969. Sampai tahun 1994 jembatan itu dibuka oleh tangan, tapi sekarang dibuka secara otomatis.

Penggunaan jembatan telah terbatas pada pejalan kaki dan pengendara sepeda sejak tahun 2003. Meskipun demikian dibuka berkali-kali sehari dalam rangka untuk melestarikan jalan melalui lalu lintas sungai. Perahu-perahu yang digunakan untuk wisata cukup rendah untuk melewati bawah jembatan ketika tertutup. Jembatan ini dihiasi dengan 1200 bola lampu yang dinyalakan pada malam hari. Jembatan ini juga menjadi latar dalam sejumlah film, seperti film James Bond, Diamonds Are Forever pada tahun 1971 Beberapa inovasi dan renovasi dari masa ke masa terhadap jembatan ini merupakan segelintir contoh betapa kreatifnya bangsa Belanda. Masih ada banyak kreatifitas lain yang membuat negara Belanda layak mendapatkan peringkat 8 negara terkreatif dan terinovatif di dunia.

– ditulis oleh Yuniar Puspareni

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s