#752 From “Why Ask” to Innovation

Mendengar brand seperti Ferrari, Maserati, Cadillac, Nash, Peugeot, Jaguar, Volvo, Alfa Romeo, MG, Cisitalia, dan Lancia terbesit dalam ingatan kita adalah sebuah desain yang berasal dari Italia yang merupakan negara penghasil produk industri dari brand-brand terkemuka di dunia. Italia ataupun Prancis yang katanya lebih identik dengan dunia artistik dan dunia glamour para designernya. Tapi perlu kita ketahui ternyata di balik merk/brand terkenal yang berasal dari Italia tersebut ternyata nama besar dari perancang merk terkenal tersebut adalah Lowie Vermeesch pria asal dari Belgia, Lowie Vermeesch merupakan alumni dari universitas Design di TU Delft.
TU delft merupakan universitas yang melahirakan nama-nama terkenal perancang yang mempunyai nama di bidang desain yang sudah di kenal hampir di belahan dunia selain itu juga terdapat perancang merk mode terkenal seperti perancang busana Viktor & Rolf. Belanda memang memiliki desain yang kuat, para desainer belanda yang menghasilkan desain busana, otomotif dan sebagainya memang memiliki sifat pragmatis, berpikiran terbuka, konseptual, out-of-the-box, dan berpegang pada prinsip ‘less is more’ dalam berkarya sehingga semakin menunjukkan bahwa kreativitas khas belanda dapat membuat bisnis lebih inovatif, menarik, kompetitif dan sejahtera.

Setelah saya mengetahi tentang kreatifitas yang di miliki orang-orang belanda saat itu, saya menemukan sebuah artikel dimana Negara Belanda mempunyai mobil terbang, Waw!!, mendengarnya saja saya sudah membayangkan betapa hebatnya dan kreatifnya para disainer disainer yang berasal dari belanda. Alasan kenapa Belanda selalu menciptakan sesuatu yang inovasi dan kreatif adalah karena orang belanda selalu saja bertanya Why Ask ? berawal dari WHY, Itu lah mengapa Bertanya pada diri kita dan orang lain akan melahirkan ide-ide baru, pemikiran-pemikiran baru, serta dari situlah muncul sebuah inovasi yang baru.

Kembali kepada sebuah desain yang sangat unik dan luar biasa yang di miliki Negara Belanda yakni mobil terbang, yang mendengarnya saja membuat saya berfikir bahwa desainer desainer yang di miliki belanda memamang hebat dan kreativ. Henry Smolinski adalah pencipta mobil terbang ini berawal pada perusahannya yang mengawinkan mobil bagian belanda Cessna skymaster dengan mobil ford pinto, mobil terbang ini di buat pada tahun 1973 mobil terbang yang mempunyai tiga roda dengan dua baling-baling jika bensin yang penuh mobil ini dapat terbang sejauh 400 kilometer, mobil terbang ini diciptakan untuk menghindar kemacetan lalu lintas dan menurut rencana produksi mobil terbang ini akan di luncurkan di pasaran pada akhir maret 2014.

Dari dahulu memang Negara Belanda selalu membuat sesuatu yang berinovasi dan kreatif, mulai dari bendungan yang luar biasa, penghasil keju yang baik, sampai akhirnya membuat inovasi sebuah mobil yang bisa terbang, Inilah hasil proses berpikir yang kreatif dan Inovatif yang membuat negara Belanda dapat memberikan kemajuan di segala aspek, baik bidang Ilmu Pengetahuan, Arsitektur dan Desain, Ekonomi, Penemuan Terkini, Kualitas Hidup, Pendidikan, serta Sains dan Teknologi. Dalam bidang-bidang inilah Belanda telah membuat suatu terobosan. Bahkan ternyata Belanda menduduki peringkat ke-4 negara yang masyarakatnya paling bahagia di dunia Dan fakta lain yang dimiliki belanda adalah Belanda adalah rumah bagi sekitar 46.600 desainer, yang hampir tiga perempatnya bekerja di industri jasa komersial. Selain itu Belanda pun mempunyai perancang busana sebanyak 1.300 yang berada dan tinggal di Negara Belanda.

– ditulis oleh Venia Bernadetha S.

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s