#754 Zero to Hero: Bersepeda di Belanda

Sepeda menjadi bagian yang penting dan tidak dapat dipisahkan bagi masayarakat Belanda.

Jumlah penduduk Belanda adalah 16 juta orang dan 85% dari mereka yang memiliki setidaknya satu sepeda.
Terdapat 16 juta sepeda yang terdapat di Belanda dan 13 juta sepeda baru terjual tiap tahunnya.

Sepeda merupakan alat transportasi yang popular di Belanda. Masyarakat Belanda biasanya menggunakan sepeda digunakan dalam aktivitas kesehariannya mereka seperti pergi ke sekolah, pergi ke tempat pekerjaan, belanja, jalan- jalan , dan sebagainya. Tidak seperti di sebagian negara yang memilki persepsi buruk mengenai sepeda, misalnya sepeda itu hanya untuk orang yang miskin yang tidak mampu membeli mobil, di Belanda sepeda digunakan dari berbagai kalangan usia dan profesi.

Dari Berbagai Kalangan Usia

Dari berbagai kalangan profesi

Fakta yang lebih mengejutkan lagi adalah Wakil Menteri Sosial Belanda Jetta Klijnsma lebih memilih naik sepeda ketimbang menggunakan mobil. Adapun alasann dia menggunakan sepeda adalah untuk kebugaran

Wow…… luar biasa bukan??

Terdapat banyak tempat yang ideal untuk ber sepeda. Pemerintah Belanda menyediakan jalur khusus untuk ber sepeda sehingga kita tidak perlu merasa khawatir apabila ada kendaraan bermotor lain yang menabrak sepeda kita dan yang lebih penting lagi kita juga tidak perlu takut terkena polusi udara karena udara di sana sangatlah bersih.

Selain itu pemerintah Belanda pun membuat peraturan yang berhubungan dengan penggunaan sepeda, kepemilikan sepeda, area yang dapat digunakan untuk ber sepeda, bahkan rambu- rambu lalu lintas yang sengaja dirancang khusus demi ketertiban dan keselamatan pengendara sepeda.

Tidak cukup sampai di sini, Belanda, dengan berbagai ide kreatif yang tak terbatas berusaha mengembangkan teknologi tertentu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sejumlah inovasi pun bermunculan, adapun beberapa inovasi tersebut akan ditampikan di bawah ini.

Sejumlah event- event menarik yang berkaitan dengan sepeda pun sengaja dibuat untuk meningkatkan antusiasme warga dalam menggunakan sepeda. Seperti misalnya, National Cycling Day (Landelijke Fietsdag), dan The RAI Derny Race. Pada akhirnya, perjuangan mereka tidaklah sia- sia, Belanda pun terus menorehkan prestasi yang membanggakan dalam even internasional ,

Amsterdam terpilih menjadi kota no. 1 sebagai kota yang teramah bagi sepeda di dunia,

Di sini kita bisa melihat upaya baik dari pemerintah maupun warganya untuk meningkatkan antusiasme bersepeda. Mungkin untuk sebagian kalangan hal ini dianggap kecil bahkan tidak berguna. Namun dengan meningkatkan antusiasme bersepeda, mereka dapat berkonstribusi pada kebersihan dan kelestarian lingkungan, menjaga ketertiban dan keteraturan di jalan raya, dan membiasakan hidup sehat.

Zero to hero, dari langkah yang kecil, masyarakat belanda dapat membuktikan kepada dunia akan kepedulian dan kontribusi mereka kepada lingkungan. Belanda juga terus mengembangkan berbagai ide kreatif dan inovasi mereka yang tanpa batas dalam upaya meningkatkan antusiasme warganya untuk menggunakan sepeda.

Fenomena yang menarik ini memberikan sebuah motivasi yang kuat kepada saya bahwa kita tidak seharusnya meremehkan hal- hal yang kecil. Sebaliknya, apabila kita dapat berpikir out of the box, kita dapat mengubah hal- hal kecil menjadi hal luar biasa, from Zero to hero.

Pemikiran masyarakat Belanda yang terbuka dan sangat kreatif, membuat saya ingin mengenal Belanda ingin belajar lebih banyak tentang Belanda, saya harap apabila ada kesempatan,

I’m going to study there!

– ditulis oleh Emiria Farahdina

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s