#765 Anda Bahagia, VANMOOF Lega!

Lambat laun sepeda menjadi kebutuhan penting di Indonesia. Setiap tahun jutaan mobil bertambah. Begitu juga dengan sepeda motor. Pada sisi lain, penduduk dunia dihadapkan pada isu pemanasan global. Sepeda yang sempat ditinggalkan mulai dilirik lagi. Moda transportasi ini terbukti lebih praktis, sehat dan bebas polusi. Ditambah sedikit kreativitas, sepeda menjadi semakin menarik, aman dan memikat siapa saja. VANMOOF tahu bagaimana caranya. Simak tulisan berikut ini!

Bagi para pecinta sepeda, nama VANMOOF pasti sudah akrab di telinga. Perusahaan sepeda ini didirkan oleh beberapa anak muda dari Belanda. Ditunjang dengan kultur bersepeda yang mengakar ratusan tahun di Belanda, anak-anak muda itu mengembangkan sepeda model baru. Jika selama ini kita membeli sepeda sesuai dengan persediaan di toko, maka VANMOOF membuat sepeda sesuai kebutuhan Anda. “We present to you the ultimate urban bicycle, “ begitu kata mereka di situs http://www.vanmoof.com.

Perubahan menjadi kata kuncinya. Saat ini setiap orang tidak bisa lagi diseragamkan, termasuk dalam urusan “gowes-menggowes.” Sebagai contoh, si Badu yang tingginya 180 cm, berat 100 kg tentu perlu sepeda yang memiliki struktur yang lebih kokoh. Beda dengan si Ani yang tingginya 150 cm, beratnya 45 kg. Belum lagi setiap orang punya selera yang berbeda dalam hal warna, karakter yang ingin ditampilkan dan lain-lain.

Semisal, Anda memiliki tinggi 175 cm, maka VANMOOF menyarankan agar menggunakan rangka VANMOOF yang panjangnya 28 inchi. Jika Anda ragu, VANMOOF memberikan tips untuk memastikan ukuran rangka sepeda yang pas. Begini: cobalah berdiri, lalu ukurlah panjang dari tumit hingga selangkangan. Ukuran itu digunakan untuk memastikan agar Anda aman ketika naik sepeda. Ini karena ukuran jarak yang sama dari tabung aluminium (bagian rangka sepeda) dengan bagian tubuh menghindarkan Anda ketika tiba-tiba harus berdiri. Tentu saja, agar bagian tubuh itu tidak terantuk. Tujuan mulia VANMOOF ialah membantu kaum urban yang memiliki hasrat berkeliling kota dengan sepeda yang penuh gaya dan aman.

Perusahaan ini memiliki rekam jejak yang panjang. Berawal dari kakak beradik Taco dan Ties Carlier, yang sukses membangun perusahaan Strida Europe dan Dutchband B.V. Mereka melihat bahwa jumlah perusahaan sepeda yang memenuhi harapan masyarakat urban sangat sedikit. Setidaknya, sepeda bagi masyarakat urban harus mampu menjawab beberapa persoalan: tahan terhadap perubahan cuaca, praktis digunakan dalam aktivitas sehari-hari lalu bisa diselamatkan dari aksi vandalisme.

Saat itu mereka menggangap kebutuhan masyarakat urban belum terjawab. Anehnya, toko-toko sepeda justru dibanjiri produk-produk yang tak menjawab persoalan. Kakak beradik itu lalu beraksi. Mereka bertanya kepada 100 orang dari beberapa kota: Bagaimana pendapatmu tentang transportasi untuk kaum komuter? Lalu mereka meminta 100 orang itu untuk mencoba 100 jenis prototipe selama 100 hari. Kesimpulan dari “riset kecil-kecilan” itu ialah masyarakat perlu sepeda yang seksi, tahan banting dan bisa diandalkan. Mereka lalu memutuskan untuk mendesain ulang sepeda dengan menggunakan bahan-bahan yang ringan, namun kuat. Dari situ VANMOOF lahir. Secara resmi VANMOOF diluncurkan pada Mei 2009. Saat ini sepeda buatan buatan VANMOOF tersebar di kota-kota besar seperti Tokyo, Barcelona, Jakarta, Paris, NYC, Milan, Sydney, Amsterdam

VANMOOF seperti peri pengabul keinginan: Anda tinggal mengatakan keinginan Anda, lalu membiarkan VANMOOF mendesain sepeda yang pas dengan kebutuhan Anda.

Anda bahagia VANMOOF lega!

– ditulis oleh Albertus Indratno

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s